visitaaponce.com

Kemenko Perekonomian Sosialisasikan Capaian Sewindu PSN

Kemenko Perekonomian Sosialisasikan Capaian Sewindu PSN
Acara Malam Apresiasi Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jakarta, Jumat (24/11).(Ist/PUPR)

KEMENTERIAN Koordinator Bidang Perekonomian menggelar Malam Apresiasi Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jakarta, Jumat (24/11). Malam puncak penutupan Sewindu (PSN) itu dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Pihaknya menyampaikan bahwa agenda ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat soal program infrastruktur menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam delapan tahun terakhir ini, terdapat 173 PSN yang telah dioperasikan dengan nilai investasi mencapai Rp1.442,3 triliun. Proyek infrastruktur yang telah terealisasi akan berdampak signifikan menciptakan konektivitas kuat.

Baca juga: Menko Airlangga Dorong Integrasi Sistem Digitalisasi Kepelabuhanan Dilakukan Real Time

Pada gilirannya, hal itu akan mampu mengalirkan perekonomian dari pusat ke daerah dan menghasilkan efek positif yang merata di seluruh wilayah Indonesia. “Kita perlu mempertahankan momentum ini dan melanjutkan PSN,” kata Menko Airlangga.

Airlangga menyampaikan, negara lain seperti Vietnam mengakui Indonesia sudah bisa surplus selama 24 bulan belakangan secara berturut-turut mencapai US$3,5 juta.

Indonesia sebagai pemilik cadangan nikel, besi, hingga baja mempunyai potensi besar. Maka dari itu, Indonesia Emas akan bisa dicapai apabila fokus dengan manufaktur dan digitalisasi.

Deputi VI Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo menyampaikan, insfrastruktur yang sudah dibangin melalui program PSN harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Dalam pemanfaatan ini. pemerintah daerah harus ikut terlibat.

Baca juga: Akhirnya Diresmikan, Pembangunan Bandara di Fakfak dan Nabire Habiskan APBN Rp1,5 T

“Misalnya kita sudah bangun jalan, pelabuhan. Kawasannya juga harus dibangun. Nah, ayolah pemerintah daerah mikirkan kawasan-kawasan yang sudah terkoneksi dengan infrastruktur itu mau dibangun seperti apa. Apa ide-idenya? Apa yang dimiliki oleh daerah itu? Sehingga tentunya yang kita bicarakan adalah membangun infrastruktur itu penting tapi berikutnya adalah memanfaatkannya seperti apa,” papar Wahyu.

Tidak hanya pemerintah daerah dan pusat, masyarakat juga diminta untuk ikut serta menyumbangkan ide-ide pembangunan.

“Masyarakat juga harusnya aware, kira-kira apa yang dirasakan, pandangan apa yang masyarakat bisa sampaikan kepada pemerintah untuk memanfaatkan pembangunan yang sudah kita lakukan selama ini,” jelasnya.

Baca juga: Apresiasi Program Sewindu PSN Menko Airlangga Sebut Pentingnya Keberlanjutan Infrastruktur Strategis bagi Pemerataan Pembangunan

Malam puncak penutupan Sewindu PSN ini diawali dengan penyerahan buku Sewindu PSN dari Menko Perekonomian kepada menteri-menteri yang hadir, di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta Kamdani, hingga Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti.

Sewindu PSN merupakan rangkaian acara yang diadakan selama beberapa bulan di tahun 2023 dengan tujuan menyosialisasikan pencapaian 8 tahun pembangunan PSN sebagai salah satu pilar utama pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.

Sementara itu, Malam Apresiasi Sewindu PSN merupakan acara penutup yang mengapresiasi para sponsor, pengumuman pemenang berbagai perlombaan, dan penyerahan Kolase Lukisan Infrastruktur terbesar di Indonesia yang mendapatkan Rekor MURI. (Ifa/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat