visitaaponce.com

Gubernur BI Perekonomian Nasional Bisa Tumbuh 6,1 Persen di 2028

Gubernur BI: Perekonomian Nasional Bisa Tumbuh 6,1 Persen di 2028
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo(MI/Susanto)

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis perekonomian Indonesia bisa tumbuh hingga 6,1% pada 2028. Menurutnya, angka itu bisa dicapai seiring dengan kemajuan pesat transformasi ekonomi Tanah Air.

"Itu menjadi modal dan landasan kuat untuk kebangkitan ekonomi ke depan," ujar Perry dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023 di Jakarta, Rabu (29/11) malam.

Pertumbuhan tersebut juga akan diikuti inflasi yang terjaga rendah serta neraca pembayaran yang tetap sehat. Untuk mengawal proyeksi tersebut, ia memastikan pihaknya akan terus memperkuat sinergi ebijakan dengan pemerintah, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), dan berbagai pihak terkait.

Baca juga: Jokowi Sentil Bank Indonesia

Sinergi bauran kebijakan Bank Sentral pun akan terus didorong guna memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi nasional, sehingga pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dan stabilitas terjaga.

Ia menyebutkan kebangkitan ekonomi memerlukan transformasi di sektor riil, infrastruktur, konektivitas fisik dan digital, hilirisasi minerba, pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, pariwisata dan ekonomi kreatif, digitalisasi, serta perizinan yang ramah bisnis dan investasi.

Baca juga: Jokowi Minta tidak Khawatirkan Pemilu

Perry pun bersyukur bisa turut mengawal perekonomian nasional dari ancaman krisis karena covid-19, menjaga ketahanan dari gejolak global, serta berkontribusi nyata bagi perekonomian nasional sesuai visi dan budaya kerja.

"Kami akan terus turut mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan sesuai Undang-Undang Bank Indonesia dan UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan melalui berbagai kebijakan," ucapnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat