visitaaponce.com

Inflasi Sulawesi Tenggara Turun ke 2,87

Inflasi Sulawesi Tenggara Turun ke 2,87%
Beberapa warga di atas perahu usai mengambil air bersih menuju ke Desa Lowu-Lowu, Kecamatan GU, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.(Antara/Jojon.)

BADAN Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan berita resmi statistik Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), belum lama ini. Dalam berita resmi statistik (BRS) yang dikeluarkan pada Jumat (1/12) menyatakan bahwa inflasi year on year (yoy) Provinsi Sultra pada November turun menjadi 2,87% yang sebelumnya pada Oktober berada di angka 3,14%.

"Alhamdulillah, laju inflasi di Provinsi Sultra terus mengalami tren penurunan sejak September 2023. Persentasenya saat itu 3,46% lalu turun menjadi 3,14% dan terakhir 2,87% pada November. Ini menjadi kabar baik bagi kita seluruh masyarakat Sultra pada Jumat yang penuh berkah," ujar Pj Gubernur Andap Budhi Revianto.

Baca juga: Kemenkeu: Kinerja Manufaktur Indonesia Masih Ekspansif, Inflasi Terkendali

Secara khusus, Andap juga menginstruksikan kepada para bupati/wali kota dan kepala perangkat daerah untuk terus melakukan langkah-langkah konkret dalam menekan laju inflasi dan memastikan stok terpenuhi serta harga bahan pangan terjangkau menjelang peringatan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

"Kepada saudara bupati/wali kota dan kepala perangkat daerah agar melakukan Gerakan Pangan Murah, operasi pasar, dan intens memantau harga pasar. Pastikan stok tercukupi dan harga bahan pangan terjangkau menjelang peringatan Nataru. Pastikan stabilitas harga yang baik. Apabila ada yang bermain-main mengenai ini, saya akan ambil langkah-langkah tegas sesuai prosedur dan ketentuan hukum," tegas Andap.

Baca juga: Inflasi Kelompok Mamin dan Tembakau Tercatat 6,7% Secara Tahunan pada November 2023

Terdapat lima komoditas penyumbang utama inflasi di Provinsi Sulawesi Tenggara yakni beras, angkutan udara, rokok kretek filter, mobil, dan cabai rawit. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat