visitaaponce.com

Wirawan Panoedjoe Generasi Muda Perlu Terlibat Pemberdayaan UMKM

Wirawan Panoedjoe: Generasi Muda Perlu Terlibat Pemberdayaan UMKM
Direktur Eksekutif Masyarakat Mandiri 21 Wirawan Panoedjoe Soebagyo (kanan) di sela pengarahan pemberdayaan UMKM kepada generasi muda.(Ist)

PEMBERDAYAAN usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) jadi hal penting yang sejatinya bisa dilakoni generasi muda.

Paduan kreatifitas, inovasi, serta dukungan teknologi di masa kekinian akan mampu mendorong UMKM masuk level global.

"Keikutsertaan kaum muda dalam meningkatkan UMKM diyakini akan mampu mendorong percepatan pengembangan di tengah kemajuan zaman dan teknologi," kata Wirawan Panoedjoe Soebagyo, pengusaha muda yang juga Direktur Eksekutif Masyarakat Mandiri 21, dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (5/12).

Baca juga: Pengembangan dan Pemberdayaan UMKM dalam Ekosistem Electric Vehicle Terus Mendapat Dukungan Pemerintah

Hal tersebut sejalan dengan kebijakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang mengajak kalangan pemuda untuk menekuni sektor UMKM.

Sebelumnya, Muhadjir mengajak anak-anak muda menjadi pelaku-pelaku ekonomi dalam meningkatkan kualitas hidup serta memiliki masa depan yang cerah melalui UMKM.

"Kebijakan itu sudah tepat dan pasti kita dukung," ujar Wirawan.

Dia menggambarkan ketangguhan UMKM telah teruji melewati badai krisis, saat Indonesia diterpa krisis ekonomi, 1998 silam. 

Saat banyak perusahaan raksasa kolaps, justru UMKM tetap kokoh berdiri. Karenanya, sangat penting bila pemberdayaan UMKM menjadi perhatian besar pemimpin bangsa ke depan.

Baca juga: Semangat Kepahlawanan, hibank Hadir untuk Dukung UMKM #everydayhiro

Wirawan menyebutkan pengembangan UMKM harus dibarengi peningkatan kualitas, baik barang maupun jasa, serta penetrasi pasar yang lebih luas lagi.

"Kalau UMKM semakin banyak, maka penyerapan tenaga kerja akan semakin besar. Itu artinya, angka pengangguran bisa ditekan."

"Selain itu, banyaknya UMKM akan mendorong peningkatan perekonomian, baik mikro maupun makro," terang calon legislatif DPRD Kota Bogor nomor urut 6 dari Partai Golkar, daerah pemilihan Bogor Selatan ini.

Dia menegaskan ke depan pemerintah harus lebih memberikan perhatian kepada UMKM.

Tidak saja dari sisi pengelolaan manajerial, permodalan, peningkatan kualitas dan target pasar yang lebih luas, tapi juga adopsi teknologi sebagai pendukung.

Dia yakin bila UMKM mendapat perhatian lebih, perekonomian negara akan kian kuat. "UMKM yang kuat akan sanggup menopang perekonomian bangsa," pungkas Wirawan. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat