visitaaponce.com

Jokowi Semua Negara Mendorong Investasi Ramah Lingkungan

Jokowi: Semua Negara Mendorong Investasi Ramah Lingkungan
Presiden Joko Widodo.(AFP/SAUL LOEB )

PRESIDEN Jokowi mengatakan peluang investasi ramah lingkungan harus ditangkap dengan baik oleh Indonesia. Hal itu disampaikan presiden saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakernas) Investasi 2023 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (7/12).

"Saat ini yang didorong oleh semua negara adalah investasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Oleh sebab itu, yang green economy harus ditangkap, yang namanya blue economy investasinya segera kejar," ujar presiden.

Menurutnya negara-negara saat ini lebih memilih produk ramah lingkungan. Oleh karena itu, Indonesia perlu menyiapkan industri ramah lingkungan antara lain bidang kelautan (blue economy) dan ekonomi hijau (green economy). Jokowi mengklaim banyak orang berminat menanamkan saham di bursa untuk bidang geothermal. Nilai investasinya, terang Jokowi, berlipat-lipat

Baca juga: Produksi Bioavtur Ramah Lingkungan, Pengamat Apresiasi Pertamina

"Banyak investor yang mengejar ke ini, geotermal. Solar panel power plant, hydropower, ini investasi ke depan yang sangat menjanjikan," terangnya.

Presiden mengatakan para pemangku kepentingan yakni kementerian investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), kepala daerah, gubernur, bupati, walikota, kepala dinas kepala dan lain-lain merupakan ujung tombak dari pelayanan investasi. Presiden meminta agar perizinan investasi terus diperbaiki.

Baca juga: Presiden Kesal Perizinan Investasi masih Ruwet

"Jadi saya minta terus perbaiki iklim investasi nasional maupun daerah dan tingkatkan realisasi investasinya. Dulu kita ini selalu berorientasi pada pemasaran terus, marketing terus, begitu investor datang, pembebasan lahan gagal, balik enggak jadi investasi. Investor datang lagi ruwet perizinannya, balik kembali lagi enggak jadi investasi," terangnya.

Investasi, menurut Jokowi harus terus tumbuh untuk pertumbuhan ekonomi negara. Investasi juga diyakini membuka kesempatan kerja. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat