visitaaponce.com

PLN Babel Tanam Pohon 1.001 Kelekak Dukung Green Transformation

PLN Babel Tanam Pohon 1.001 Kelekak Dukung Green Transformation
PLN Babel melakukan penanaman pohon 1.001 kelekak di Desa Sempan, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Babel.(Ist/PLN Babel)

PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Provinsi Bangka Belitung (Babel) melakukan penanaman pohon 1.001 kelekak di Desa Sempan, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Babel.

Manajer Pengendali Kesehatan & Keselamatan Kerja, Lingkungan dan Keamanan PLN UIW Babel diwakili Asisten Manajer Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UIW Babel Ardiyansah mengatakan program yang diinisiasi bersama Yayasan Flora Fauna Babel itu ialah program TJSL PLN UIW Babel guna menopang green transformation.

PLN saat ini, menurutnya, tidak hanya fokus pada penyaluran tenaga listrik, tapi juga menjalankan bisnis dengan bertransformasi salah satunya green transformation yakni bisnis yang ramah lingkungan.

Baca juga: Tingkatkan Pemberdayaan UMKM, PLN Salurkan TJSL Program UKM Berdaya

“Setiap tahun melalui program TJSL, kami menanam pohon, khususnya pohon produktif seperti durian, alpukat, mangga, dan cempedak,” kata Ardiyansah di sela penanaman pohon 1.001 kelekak, Jumat (17/11).

Ia menyebutkan penanaman pohon ini bertujuan melestarikan lingkungan, menjaga ekosistem flora fauna, mengurangi polusi udara, menghijaukan bumi, serta menjaga kearifan lokal dengan tema Revitalisasi kelekak.

Ketua Yayasan Flora Fauna Babel Ade Yusni Franata mengatakan sebagai partner PLN pada program ini, pihaknya amat antusias dengan melibatkan masyarakat desa dan tokoh masyarakat setempat.

Baca juga: PLN dan Pemkot Pangkalpinang Bersinergi dalam Penyediaan Tenaga Listrik

“Pada program ini ada sekitar 2.000 bibit yang disebar ke beberapa desa di Kabupaten Bangka di antaranya 1.200 bibit durian, 300 bibit cempedak, 250 bibit tanaman buah lokal dan 250 bibit tanaman hutan,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Ismir Rachmaddinianto mengungkapkan program ini amat bermanfaat bagi petani hutan kelekak di Bangka.

Baca juga: PLN Babel Tambah Kapasitas PLTG Air Anyir 25 MW Perkuat Sistem Kelistrikan Bangka]

“Penanaman pohon ini amat bermanfaat dalam menjaga kelestarian hidup hewan dan tumbuhan. Nantinya, ketersediaan sumber makanan dari hutan kelekak ini dapat dinikmati masyarakat dan ekosistem hewan yang hidup di hutan kelekak ini. Harapannya, kelestarian hutan ini dapat dinikmati generasi penerus kita dan kelak bisa jadi destinasi wisata bagi wisatawan lokal serta luar negeri,” ujar Ismir.

Sementara itu, Kepala Desa Sempan Sastrawan berterima kasih kepada PLN atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat. “Semoga kerja sama ini tidak hanya fokus pada penanaman pohon, tetapi juga kegiatan lainnya yang sifatnya membangun desa,” tutupnya. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat