visitaaponce.com

KIP Prabowo-Gibran Beberkan Cara Jitu Kuatkan Kedaulatan Maritim

KIP Prabowo-Gibran Beberkan Cara Jitu Kuatkan Kedaulatan Maritim
Capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berkomitmen menegakkan kembali kedaulatan Indonesia sebagai poros maritim dunia.(Ant)

PASANGAN calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berkomitmen menegakkan kembali kedaulatan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia profesional yang bekerja di bidang ini merupakan salah satu pendekatan untuk mencapai hal tersebut.

Baca juga: Munas VIII HNSI Pilih Soemardjono sebagai Ketua Umum

Menurut Fandi Utomo, penasihat Komite Pemenangan Independen (KIP) Prabowo-Gibran, platform Prabowo sebagai calon presiden berpusat pada ekonomi biru, yang mencakup penyediaan infrastruktur dan layanan untuk meningkatkan produktivitas petani ikan dan nelayan. Selain itu, Prabowo berjanji akan menjunjung tinggi kualitas keluarannya.

"Jadi program capres Prabowo adalah ekonomi biru," ujar Fandi, dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/12).

Fandi menjelaskan Indonesia sudah memiliki potensi kelautan. Hal ini disebabkan adanya potensi produksi sebesar 12 juta ton per tahun melalui perikanan tangkap yang berkelanjutan dan tambahan 50 juta ton per tahun melalui budidaya laut.

"Ekonomi biru merupakan gagasan pertumbuhan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya kelautan," ujar dia.

Baca juga: Mengenal Kapal Selam Pasopati, Penjaga Kedaulatan Maritim Buatan Asli Indonesia

Ia menambahkan meningkatkan potensi sumber daya maritim Indonesia menjadi tujuannya. Dalam hal ini potensi pengembangan energi baru terbarukan berbasis air laut, ekonomi sirkular, ekonomi biru bernilai tambah industri pariwisata, dan industri pengolahan berbasis sumber daya kelautan.

Pembina KIP Banyuwangi Kiai Suyuti Toha mendukung program ekonomi biru Prabowo-Gibran. Dengan garis pantai sepanjang 175 kilometer, Banyuwangi, Jawa Timur, menawarkan peluang luar biasa untuk memancing dan wisata bahari serta akan berkembang menjadi lumbung ikan laut global dan Indonesia.

“Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang akan menerima manfaat dari program ekonomi biru Prabowo-Gibran, karena garis pantai di Banyuwangi ini panjang,” ujar Kiai Suyuti Toha. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat