visitaaponce.com

Kredit Pintar Gelar Kelas Fotografi untuk UMKM dan Blogger

Kredit Pintar Gelar Kelas Fotografi untuk UMKM dan Blogger
Kelar Pintar Bersama Kredit PIntar(Dok. Kredit Pintar)

KOMITMEN untuk terus meningkatkan edukasi dan literasi keuangan bagi UMKM, ditunjukkan Kredit Pintar dengan menggelar lokakarya (workshop) Kelas Pintar Bersama yang selama 2023 telah diikuti 700 peserta di 10 kota di Jawa dan Sumatra. 

Rangkaian Kelas Pintar Bersama ditutup di Jakarta dengan melibatkan UMKM dan komunitas blogger. Dalam lokakarya itu, Kredit Pintar mengundang Nita Kurnia, seorang pegiat UMKM sekaligus juga fotografer produk sebagai narasumber. 

Di ajang yang mengambil tema ‘Tingkatkan Daya Saing Produk Lewat Fotografi & Media Sosial’ itu, Nita berbagi pengetahuan kepada para peserta mengenai kiat-kiat memotret produk yang akan dijual.

Baca juga : BukuWarung Umumkan Pemenang Kompetisi Promo Untung Selangit

“Sebelum melangkah ke foto produk, Anda perlu mengenali produk itu sendiri. Apakah brand Anda berjenis fashion, food, atau aksesoris? Perlu dipahami juga bahwa ada sisi yang perlu dipertahankan dalam foto produk suatu brand agar konsumen mengenali ciri khas produk tersebut,” ujar Nita. 

Nita menjabarkan, langkah-angkah agar foto produk menarik Pertama siapkan background.  Bisa dengan membuat studio mini sendiri hanya dengan karton putih atau kertas HVS, selotip, meja, dinding.  Lalu gunakan model sebagai daya tarik terutama untuk produk fesyen. 

“Kemudian, pencahayaan yang baik. Cari tempat yang terang agar foto terlihat cerah dan detail. Tentukan tema foto yang sesuai dengan produk. Misal, produk kopi, gunakan biji foto sebagai pendamping. Kemudian cari sudut pandang yang tepat. Lalu melakukan editing, kurasi, dan finishing untuk hasil akhir foto produk kita,” jelasnya.

Baca juga : Sharing Trik Usaha, dari Nol Hingga Omzet 100 Juta Rupiah

Brand Manager Kredit Pintar Puji Sukaryadi mengatakan, Peningkatan kapasitas dan produktivitas UMKM melalui Kelas Pintar Bersama  telah menjadi titik perhatian Kredit Pintar.

“Kelas Pintar Bersama merupakan kegiatan edukasi yang dipersembahkan oleh Kredit Pintar untuk komunitas UMKM guna meningkatkan literasi keuangan serta pemberdayaan wirausaha. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kami untuk mendorong UMKM naik ke level berikutnya sekaligus meningkatkan skala usaha,” katanya.

Regulatory Compliance Kredit Pintar Arsya Helmi mengatakan, pertumbuhan UMKM dan kontribusinya dalam perekonomi nasional hendaknya diiringi dengan inklusi dan literasi keuangan yang memadai sehingga peningkatan literasi dan inklusi keuangan digital menjadi hal yang penting untuk terus ditingkatkan bersama. 

Baca juga : Kunjungi Empat Kota, KitaLabel Roadshow Edukasi Label Industrial pada Pelaku UKM

“Hal ini sejalan dengan komitmen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk terus meningkatkan inklusi dan literasi keuangan digital terutama bagi pelaku UMKM sehingga dapat semakin berkontribusi dalam penguatan ekonomi nasional,” ujarnya.

Ia menegaskan, Kredit Pintar sangat mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan edukasi, literasi, dan inklusi keuangan. Apalagi saat ini terdapat lebih dari 70% dari 270 juta penduduk Indonesia yang masih kurang terlayani (underbanked) dan belum terlayani (unbanked) oleh produk keuangan. 

“Sehingga melalui kegiatan Kelas Pintar Bersama ini, menjadi upaya kami untuk dapat membantu optimalisasi UMKM dalam mengembangkan usahanya,’ pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat