visitaaponce.com

Subsidi BBM tidak Tepat Sasaran, Anies Kita bakal Benahi

Subsidi BBM tidak Tepat Sasaran, Anies: Kita bakal Benahi
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan(Antara)

Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji, jika terpilih menjadi presiden, ia akan membenahi kebijakan subisi bahan bakar minyak (BBM). Ia menilai, selama ini kebijakan tersebut tidak tepat sasaran sehingga masyarakat yang tergolong mampu juga ikut merasakan manfaatnya.

"Ini harus kita koreksi. Faktor pengendalinya itu jangan diserahkan pada mekanisme kuota. Kita harus siapkan sistem yang baru, sehingga itu menjadi tepat sasaran," ujar Anies dalam acara Desak Anies di Ambon, Maluku, Senin (15/1).

Anies pun mengutip data dari Menteri Keuangan Sri Mulyani. ia mengatakan sebanyak 89% solar bersubsidi justru dinikmati dunia usaha, bukan masyarakat kelas bawah seperti petani dan nelayan.

Hanya 11% nikmati oleh kalangan keluarga. Dari 11% itu pun, sebagian besar dinikmati oleh keluarga yang sudah mampu.

"Jadi petani nelayan itu hanya menikmati 5% dari keseluruhan subsidi solar," jelas Anies.

Baca juga: Anies bakal Bangun Lapangan Sepak Bola Berstandar FIFA di Kampung-kampung

Kondisi tersebut juga terjadi pada subsidi Pertalite. Sebanyak 86% dinikmati kalangan keluarga dan sebagian besar adalah keluarga mampu.

"Itu potret nyata di berbagai wilayah di Indonesia. Subsidi diterima oleh mereka yang sudah berkemampuan," kata Anies.

Baca juga: Soal Kelangkaan Pupuk, Anies: Utamakan Kebutuhan Dalam Negeri

Anies mengatakan perlu ada kejelasan untuk masyarakat yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi. Dengan begitu, kebijakan bahan bakar tersebut betul-betul bisa dinikmati kelompok masyarakat yang dituju.

"Jangan sampai petani, nelayan, keluarga prasejahtera yang betul-betul membutuhkan justru gagal mendapatkan subsidi. Kita akan siap dengan sistemnya untuk bisa menjangkau mereka yang membutuhkan," tandas Anies. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat