visitaaponce.com

UMK Binaan Grup MIND ID Diharapkan Tingkatkan Perekonomian Daerah

UMK Binaan Grup MIND ID Diharapkan Tingkatkan Perekonomian Daerah
UMKM Binaan Grup MIND ID ikut serta dalam pameran nasional yang digelar di Hall B Jakarta Convention Center, Senin (15/1/2023)(dok: Mind ID)

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berkomitmen terhadap pendidikan dan pengembangan Usaha Mikro Kercil dan Menngah (UMKM) sebagai upaya peningkatan ekonomi daerah sekitar tambang. Potensi dari masing-masing wilayah yang diberi perhatian dan kesempatan pendampingan oleh grup MIND ID ini, diharapkan bisa meningkatkan ekonomi daerah setempat.

Sejumlah UMKM Binaan Grup MIND ID ikut serta memamerkan produk  buatannya dalam pameran nasional yang digelar di Hall B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (15/1).

Beberapa UMKM yang ikut serta adalah UMK minuman Dapur Eny yang menjual produk kolang-kaling dan UMK kerajinan Handayani Geulis yang menjual batik Bogor motif patepung lawung berupa kain dan selendang. Kedua UMK tersebut adalah binaan PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Selanjutnya ada UMK binaan PT Bukit Asam Tbk (PTBA), yaitu Kopi Cap Bukit Jempol dan SIBA Rosella. Keduanya adalah UMK minuman yang menjual kopi serta rosella. Selain itu, ada juga UMK kerajinan binaan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Ulos Sibolang dan RB Toba dan Samosir. Kedua UMK tersebut menjual ulos dan batik ulos.

Sedangkan UMK kerajinan binaan PT Timah Tbk  diwakili 3Shesca Decoupage yang menjual kerajinan anyaman pandan dengan teknik decoupage.

"MIND ID memiliki segudang program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian nasional, khususnya kemampuan UMK," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf, dalam keterangan resminya, kemarin.

Melalui program tersebut, kata dia, Grup MIND ID ingin menciptakan UMK yang tangguh dan mandiri. Salah satu langkah perusahaan adalah dengan memberi sumbangan terhadap produk domestik bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat