visitaaponce.com

Anies Banyak Didukung Pelaku Pertanian berkat Gagasan Contract Farming

Anies Banyak Didukung Pelaku Pertanian berkat Gagasan Contract Farming
Anies Baswedan berdialog dengan nelayan.(Antara)

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan mendapat banyak dukungan dari pelaku usaha pertanian pada Pilpres 2024. Itu terjadi karena Anies menawarkan kebijakan yang dianggap lebih masuk akal, efektif dan bermanfaat bagi rakyat, ketimbang lumbung pangan alias food estate yang saat ini berjalan.

Kebijakan tersebut adalah skema pertanian kontrak (contract farming). Melalui kebijakan itu, para petani di daerah akan dilibatkan langsung sebagai mitra sehingga mereka memiliki kepastian akan pasar untuk menjual hasil panen.

Salah satu produsen alat mesin pertanian dari Jawa Tengah, Arif Mustaghfirin, mengaku menjadi relawan Anies-Muhaimin (Amin) berkat gagasan tersebut.

“Saya tertarik masuk posko perubahan untuk mendukung pasangan Amin karena ada ide orisinil mengenai contract farming. Itu membuat petani jadi berdaya, tidak bingung,” tutur Arif saat ditemui di posko perubahan di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/1).

Baca juga: Anies Minta Warga Kampung Bayam tidak Dikriminalisasi

Arif menilai contract farming bisa memunculkan rasa cinta masyarakat terhadap produk dalam negeri, termasuk dalam hal alat mesin pertanian (asintan). Ia mengatakan, selama ini, banyak pengadaan alsintan namun selalu dari luar negeri.

“Selama ini mesin pertanian belinya impor. Kita harus berdayakan, cintai, produk dalam negeri, mesin buatan indonesia asli. Jangan impor. Semoga contract farming ini terwujud,” tandasnya.

Baca juga: Bakal Gelar Kampanye Akbar di JIS, Anies: Simbol Keringat Anak Indonesia

Sementara itu, Koordinator Presidium Timnas Amin Jawa Tengah Azmi Majid mengatakan Anies Baswedan, saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, sudah menerapkan skema contract farming dengan para petani bawang di Brebes, Jawa Tengah. Mereka dilibatkan untuk memasok produk bagi wilayah ibu kota. Jika Anies jadi presiden bukan tidak mungkin kebijakan contract farming ini akan diterapkan di seluruh wilayah di Indonesia.

“Kerja-kerja pak Anies yang di Gubernur DKI akan dikembangkan ke seluruh pelosok Indonesia jika jadi presiden,” ucap Azmi. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat