visitaaponce.com

Anak Usaha ABM Investama Bekali Masyarakat dengan Soft Skill

Anak Usaha ABM Investama Bekali Masyarakat dengan Soft Skill
Peserta Machining Development Program (MDP) yang ikut serta pelatihan machining dan siap mengikuti on the job training (OJT).(Ist)

PT Sanggar Sarana Baja (SSB) selaku perusahaan di bidang jasa rekayasa dan manufaktur menggelar Machining Development Program (MDP). Kegiatan ini merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) perusahaan yang menyasar masyarakat di area operasional.

“Peserta MDP diminta menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari para mentor serta menjadikan MDP sebagai modal bekerja dan bersaing di lapangan,” ungkap Direktur SSB Johan Budisusetija, di Jakarta, Jumat (26/1).

Baca juga: Pengamat: Kualifikasi Sarjana dan Lulusan SMK Tidak Sesuai dengan Kebutuhan Industri

Johan melanjutkan sebanyak 16 peserta MDP mampu menyelesaikan training dan memasuki tahap on the job training (OJT). Sebelum terjun ke dunia kerja, peserta diminta memperoleh certificate of achievement dengan kemampuan yang unggul.

Peserta MDP dari wilayah Kalimantan seperti Balikpapan, Samarinda, dan Sebamban. Mereka dibekali training pengoperasian mesin CNC, portable line boring machine, hingga pengoperasian mesin bubut.

“Selamat kepada 16 peserta MDP yang menyelesaikan pelatihan dengan baik. Ke-16 peserta juga sudah memasuki tahap OJT untuk mempraktikkan ilmu yang diterima dan mengasah soft skill mereka."

"Kami berharap kemandirian dan kedisiplinannya dapat teruji sehingga siap menerima tantangan di dunia kerja,” ujar Johan.

Salah satu peserta MDP, Yogi Nur Hasyim, mengaku mendapatkan manfaat terkait keamanan di lingkup kerja serta pentingnya penggunaan mesin sesuai standar yang ditetapkan.

Baca juga: Ini Cara Membuat CV di Ponsel Anda

“MDP memberikan pengetahuan tentang proses pengerjaan bidang industri mulai dari mesin yang digunakan, alat ukur, dan lain-lain,” katanya.

Peserta lain, Adriansyah menyatakan wawasan dan keterampilannya kian berkembang usai mengikuti program MDP. 

"Berkat pelatihan yang diberikan, sata jadi tahu alat ukur dan apa itu mesin bubut dan welding, serta bisa mengoperasikan mesin,” tutur pria asal Sebamban tersebut.

Sebagai informasi, MDP telah melewati serangkaian kegiatan di beberapa wilayah. OJT digelar mulai 17 Desember 2023 hingga 17 Januari 2024 di Balikpapan, SSB Sebamban, dan SSB Samarinda.

Johan berharap anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABMM) ini ke depannya terus melebarkan komitmen penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional.

"Dengan begitu, perusahaan aktif membantu pemerintah dalam membuka lapangan pekerjaan," pungkas Johan. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat