visitaaponce.com

475 dari 542 Pemda Telah Gunakan QRIS untuk Elektronikfikasi Keuangan Daerah

475 dari 542 Pemda Telah Gunakan QRIS untuk Elektronikfikasi Keuangan Daerah
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (tengah).(Antara)

GUBERNUR Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan sampai saat ini sebanyak 475 pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dari 542 pemda sudah menggunakan QRIS untuk elektronifikasi keuangan pemerintah daerah.

"Jadi kurang lebih 88%. Di dalam koordinasi tim percepatan dan perluasan transaksi keuangan daerah, kami bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk elektronifikasi keuangan pemerintah daerah termasuk menggunakan QRIS," kata Perry, usai paparan hasil rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), di Jakarta, Selasa (30/1).

Namun bukan berarti pemda yang belum menggunakan QRIS artinya belum melakukan elektronifikasi. Sebab elektronifikasi itu berbagai macam, seperti QRIS, ATM, dan bank.

Baca juga: Pemkot Malang Tunggu Penjelasan Kemendagri Soal Tarif Pajak Hiburan

Pemda menggunakan QRIS untuk transaksi penerimaan pajak daerah, parkir, PBB, dan restribusi hingga belanja pemda. Selain itu QRIS juga disambungkan dengan kartu kredit Indonesia segmen pemerintah.

"Pemerintah daerah sudah menggunakan Kartu Kredit Indonesia (KKI) segmen pemerintah yang kami bebaskan biayanya bersama industri. Belanja menggunakan QRIS dan KKI ini lebih murah dan langsung potong rekening dibayarkan langsung sehingga tepat sasaran, tepat guna, dan meningkatkan dana," kata Perry. (Try/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat