visitaaponce.com

LPS Pertahankan Suku Bunga Penjaminan Bank Umum 4,25. Berapa untuk BPR

LPS Pertahankan Suku Bunga Penjaminan Bank Umum 4,25%. Berapa untuk BPR?
Kantor LPS.(MI/Susanto)

RAPAT Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menetapkan mempertahankan tingkat bunga penjaminan simpanan rupiah di bank umum sebesar 4,25% dan 2,25% untuk simpanan valas. Bagaimana dengan BPR?

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, untuk tingkat bunga simpanan Bank Perekonomian Rakyat (BPR) untuk rupiah ditetapkan di level 6,75%. "Tingkat bunga penjaminan tersebut akan berlaku efektif sejak 1 Februari sampai dengan 31 Mei 2024," ungkapnya dalam konferensi pers di Kantor LPS, Jakarta, Selasa (30/1).

Ia menjelaskan tingkat bunga pinjaman tersebut adalah batas maksimum bunga wajar simpanan perbankan sebagai salah satu kriteria penetapan simpanan layak bayar milik nasabah penyimpan di perbankan.

Baca juga : Tahun ini, LPS Ramalkan Ada Tujuh BPR Bangkrut

Keputusan tersebut mempertimbangkan beberapa hal yakni untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi dan intermediasi perbankan, mengantisipasi risiko ketidakpastian pasar keuangan, memberikan ruang pengelolaan likuiditas dan suku bunga simpanan.

"Kami menyampaikan kepada nasabah dan calon nasabah agar memperhatikan besaran tingkat pinjaman yang berlaku. Hal ini agar simpanan yang ditempatkan di bank dapat masuk dalam program penjaminan simpanan bank," ujar Purbaya.

Baca juga : Berkat Penjaminan LPS, Dana Simpanan Nasabah di BPR yang Bangkrut Bisa Dibayarkan

LPS, lanjutnya, juga mengimbau kepada bank untuk menyampaikan kepada nasabah mengenai besaran tingkat bunga penjaminan simpanan. Dalam menjalankan operasional, bank juga diminta untuk mematuhi pengaturan dan pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta pengelolaan likuiditas bank yang diatur Bank Indonesia.

Purbaya menjelaskan untuk suku bunga pasar simpanan (SBP) rupiah Januari 2024 terpantau naik sebesar 21 basis poin (bps) menjadi 3,50% dibandingkan September 2023. Sedangkan untuk SBP simpanan valas juga terpantau naik sebesar 15 bps ke level 2,01% dibandingkan September 2023. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat