visitaaponce.com

BRI Prediksi Era Suku Bunga Rendah Usai Semester I 2024

BRI Prediksi Era Suku Bunga Rendah Usai Semester I 2024
Direktur Utama (Dirut) PT Bank Rakyat IndonesiaTbk (BRI) Sunarso memprediksi era suku bunga rendah akan dimulai setelah semester I 2024.(MI/Moh Irfan)

SATU tahun terakhir, kondisi global dan Indonesia mengalami fenomena mempertahankan suku bunga tinggi atau higher for longer. Direktur Utama (Dirut) PT Bank Rakyat IndonesiaTbk (BRI) Sunarso memprediksi era suku bunga rendah akan dimulai setelah semester I 2024.

Ia mengungkapkan selama enam bulan pertama di tahun ini, gejolak ekonomi global hingga tren suku bunga tinggi tahun ini masih memberi tantangan kepada kondisi likuiditas perbankan Indonesia.

"Setelah lewat satu semester, mudah-mudahan kita bisa masuk ke era suku bunga rendah," ujar Sunarso dalam pemaparan kinerja kuartal IV BRI 2023, Rabu (31/1).

Baca juga : Rencanakan Keuangan yang Mapan Bersama Layanan Financial Advisory BRI Prioritas

Bos BRI itu menuturkan arah kebijakan suku bunga Bank Indonesia diprediksi mengikuti arah the Fed. Ia berharap tren higher for longer tidak memakan waktu yang lama di tahun ini.

"Untuk first half (semester awal) 2024 ini kita bicara likuiditas yang masih challenging (menantang). Kita berharap higher for longer jangan sampai lama," katanya.

Jika nantinya The Fed dan BI sepakat untuk menurunkan suku bunga, Sunarso menegaskan BRI siap membuka ruang tersebut dengan melakukan penyesuaian suku bunga, baik pinjaman maupun simpanan.

Baca juga : Kelola Risiko dan Rencanakan Masa Depan Keuangan yang Mapan Bersama BRI Prioritas

"Namun, hal ini dengan mempertimbangkan banyak faktor. Mulai dari biaya dana, persaingan antarbank, dan kondisi perekonomian dunia," jelasnya. (Z-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat