visitaaponce.com

Menteri ESDM Sampaikan Indonesia akan Punya Smelter Bauksit pada 2027

Menteri ESDM Sampaikan Indonesia akan Punya Smelter Bauksit pada 2027
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.(Antara/Fikri Yusuf)

FASILITAS smelter alumina bauksit yang saat ini dikembangkan oleh PT Indonesia Asahan Almunium (Inalum) akan selesai pembangunannya pada akhir 2027. Hal itu disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Menteri ESDM) Arifin Tasrif seusai menghadiri rapat tertutup yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/2).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, pimpinan badan usaha milik negara (BUMN) Mind Id, Inalum, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Ya kan kita mau bangun smelternya processing facilities-nya di Inalum. Nanti rencana selesai 2027," ujar Arifin ditemui seusai rapat.

Baca juga : Dukung Hilirisasi, Mind ID Resmikan Smelter Tembaga di Gresik 

Proyek itu rencananya menggunakan energi bersih yang didukung oleh PLN. "Itu penuh energi bersih," ucap Arifin.

Arifin tidak merinci proyek yang dimaksud. Namun, diduga berkaitan dengan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) Mempawah di Kalimantan Barat yang disebut telah mencapai 80% per pertengahan Desember 2023. Proyek itu sempat beberapa tahun tersendat akibat perselisihan kontraktor.

Smelter SGAR diperkirakan dapat memproduksi 1 juta ton alumina setiap tahun dengan estimasi bahan baku bauksit sebanyak 3,3 juta ton per tahun. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat