visitaaponce.com

Dukung Hilirisasi, MindIDResmikanSmelter Tembaga di Gresik

Dukung Hilirisasi, Mind ID Resmikan Smelter Tembaga di Gresik 
Anggota Grup Mind Id, PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui PT Smelting yang menjalankan smelter tembaga di Kabupaten Gresik, Jatim.(Ist)

BUMN Holding industri pertambangan Mind ID atau Mining Industry Indonesia berkomitmen penuh terhadap hilirisasi industri pertambangan di Tanah Air. Kehadiran hilirisasi memberikan nilai lebih dari sektor industri pertambangan.

Salah satu hilirisasi di sektor industri pertambangan dilakukan anggota Grup Mind ID, PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui PT Smelting yang menjalankan smelter tembaga di Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim).

Presiden Jokowi baru saja meresmikan ekspansi PT Smelting di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (14/12/2023.

Baca juga: Mind ID Kuasai 34% Saham Vale, Transaksi Divestasi Tuntas di 2024

Jokowi mengatakan pentingnya pembangunan smelter di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, sebagai bentuk hilirisasi yang memberikan nilai tambah bagi Indonesia.

Kapasitas produksi anoda dan katoda tembaga menjadi naik dari 1 juta ton per tahun kini mencapai 1,3 juta ton per tahun setelah rampung tahap ekspansi V pabrik konsentrat tembaga tersebut.

Sementara itu, untuk pembangunan smelter tembaga tahap akhir, dijadwalkan akan rampung pada Mei 2024 mendatang. Kapasitas produksi smelter PT Smelting akan mendapat tambahan 1,7 juta ton per tahun.

Baca juga: Ekspansi Proyek Smelter, Freeport Kucurkan Rp3,7 T

Kini, PT Smelting memiliki kapasitas peleburan tembaga mencapai 1,3 juta ton per tahun. Jokowi berharap ketika pabrik pemurnian konsentrat tembaga tersebut rampung, PT Smelting memiliki kapasitas menjadi 3 juta ton per tahun.

“Kita harapkan nanti dengan pembangunan smelter yang ada di JIIPE Gresik, ditambah lagi 1,7 juta ton per tahun. Artinya, satu tahun smelter kita bisa berproduksi 3 juta ton per tahun dan nilai tambahnya ada semua di Indonesia,” kata Jokowi.

Direktur Utama Mind ID, Hendi Prio Santoso mengatakan hilirisasi yang dilakukan anggota perusahaan Mind ID, PTFI sangat strategis di mana bisa memberi banyak manfaat karena hasil pertambangan tidak diekspor mentah ke luar negeri, melainkan diolah dulu agar memiliki nilai lebih.

Baca juga: Grup Mind Id PT Timah Tbk Gandeng Pelajar Jadi Agen Pencegahan Stunting

Selain itu, Hendi melanjutkan, kehadiran smelter tembaga di JIIPE, Gresik, akan menciptakan lapangan pekerjaan juga transfer teknologi. Program hilirisasi menjadi sebuah komitmen bersama untuk memanfaatkan sumber daya mineral Indonesia yang sangat melimpah.

“Kehadiran smelter itu sesuai dengan mandat yang diberikan pemerintah kepada Mind ID untuk menjalankan hilirisasi di industri pertambangan. Mind ID berkomitmen untuk menjalankan mandat hilirisasi tersebut,” kata Hendi dalam keterangan pers, Senin (18/12/2023(. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat