visitaaponce.com

Ekspansi Proyek Smelter, Freeport Kucurkan Rp3,7 T

Ekspansi Proyek Smelter, Freeport Kucurkan Rp3,7 T
Presiden Joko Widodo meresmikan ekspansi proyek smelter PT Smelting di Gresik, Jawa Timur, Kamis, 14 Desember 2023.(Antara)

PROYEK ekspansi PT Smelting oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada, Kamis (14/12). Perusahaan itu mendanai seluruh biaya ekspansi pabrik fasilitas pengolahan hasil tambang (smelter) yang berada di Gresik, Jawa Timur, sebesar US$250 juta atau setara Rp3,7 triliun rupiah.

Freeport akan menambah kapasitas peleburan tembaga dari 1 juta ton per tahun menjadi 1,3 juta ton di PT Smelting. Presiden Direktur PTFI Tony Wenas menjelaskan langkah ekspansi kapasitas produksi PT Smelting guna mendorong percepatan program hilirisasi produk tambang di Indonesia.

"Ekspansi PT Smelting ini untuk mendukung upaya pemerintah meningkatkan nilai tambah melalui kebijakan hilirisasi tambang di Indonesia," ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (15/12).

Baca juga: Jokowi Resmikan Ekspansi Smelter Freeport Indonesia di Gresik

PTFI akan mampu memurnikan seluruh hasil produksi tambang sebanyak 3 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Tambahan 1,7 juta ton tembaga berasal dari proyek smelter PTFI lainnya di Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), yakni Smelter Manyar. Per akhir November 2023, progres konstruksi smelter PTFI mencapai 83%.

Tony menambahkan dengan pendanaan ekspansi proyek PT Smelting, kepemilikan saham PTFI di PT Smelting meningkat dari 39,5% menjadi lebih dari 60%.

Baca juga: Pengamat: Freeport Harus Bayar Denda

"Ekspansi ini juga sekaligus memenuhi mandat izin usaha pertambangan khusus (IUPK) terkait pembangunan smelter,” jelas Tony.

Presiden Direktur PT Smelting Hideya Sato mengungkapkan dengan rampungnya pembangunan konstruksi pabrik baru, pihaknya akan beralih ke mode produksi penuh pada awal tahun depan dengan memproses rata-rata 1,3 juta metrik ton konsentrat tembaga kering per tahun.

"Dan memproduksi 342.000 metrik ton katoda tembaga,” lanjutnya.

Hideya menyebut ekspansi ini merupakan keempat kalinya sejak PT Smelting beroperasi di 1998.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat