visitaaponce.com

Pertumbuhan Ekonomi Daerah Luar Jawa dan Sumatra Perlu Dijaga dalam Jangka Panjang

Pertumbuhan Ekonomi Daerah Luar Jawa dan Sumatra Perlu Dijaga dalam Jangka Panjang
Lanskap aerial Kota Maluku(Antara/FB Anggoro)

EKONOM Makroekonomi dan Pasar Keuangan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Teuku Riefky mengatakan besarnya kontribusi dari suatu daerah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) adalah karena ekonomi di suatu provinsi atau daerah itu mengalami pertumbuhan yang tinggi selama periode waktu yang cukup lama.

"Pulau Jawa dan Sumatra ini, ekonominya sudah tumbuh tinggi di periode-periode sebelumnya. Jadi kalau kita berbicara beberapa daerah misalnya Papua dan Maluku kini ekonominya tumbuh tinggi, tapi kontribusinya masih rendah, ini karena memang tumbuh tingginya baru belakangan ini," kata Riefky, Selasa (6/2).

Jadi dengan pertumbuhan ekonomi tinggi itu memang akan meningkatkan kontribusi, tapi meningkatnya secara perlahan.

Baca juga : Ekonomi Indonesia Timur Tumbuh Tinggi tapi Kontribusi Rendah

Menurutnya, bila suatu daerah mau berkontribusi besar, maka ekonominya harus bisa tumbuh secara konsisten untuk jangka waktu yang panjang.

"Melihat sumber pertumbuhan ekonomi sebetulnya, beberapa daerah seperti Jawa Barat atau Jawa Tengah atau beberapa provinsi lain yang sudah kontribusinya tinggi, sumbernya pertumbuhan ekonominya ada beberapa yang hanya satu dua saja. Jadi ini bukan masalah dari sumber pertumbuhan ekonominya," kata Riefky.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana ekonomi daerah yang di luar Jawa bisa tumbuh tinggi dan berlangsung secara konsisten. Program yang pemerintah diharapkan bisa menstimulasi ini aktivitas ekonomi daerah lainnya

Baca juga : Ini Skenario Dampak Pemilu 2 Putaran Terhadap IHSG dan Tantangan Pertumbuhan Ekonomi 2024

"Kalau banyak hal ini masih terpusat di Jawa, tentu aktivitas ekonomi tidak akan mengalir ke luar Jawa. Makanya perlu juga ada infrastruktur, pemerataan pembangunan dan lain semacamnya," kata Riefky. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat