visitaaponce.com

Langkah Mudah Lakukan Klaim Asuransi Mobil Saat Berpergian

Langkah Mudah Lakukan Klaim Asuransi Mobil Saat Berpergian
Ilustrasi(Ist)

Saat liburan adalah momentum untuk berpergian bersama keluarga. Berbagai kondisi di jalan saat liburan seperti jalan yang padat dan macet, tidak menutup kemungkinan mobil Anda mengalami risiko di jalan seperti mobil mogok serta insiden yang melibatkan bodi kendaraan. Mulai dari rusak ringan seperti baret ringan akibat tersenggol kendaraan lain, bahkan hingga kecelakaan berat atau mobil dicuri.

Jangan khawatir sekarang dimanapun dan kapanpun Anda berada saat liburan bisa memanfaatkan layanan klaim asuransi dari BRI Insurance hanya cukup dari genggaman lewat aplikasi BRINSMobile.

Baca juga : Pemerintah Terbitkan SKB Antisipasi Libur Panjang Isra Mikraj dan Imlek

Baca juga : 5 Jenis Kerusakan Umum Mobil dan Estimasi Biaya Kerusakannya

Meskipun mudah dalam mengurus klaim asuransi, tetap ada hal yang wajib diperhatikan agar proses pengajuan berjalan lancar. Kondisi ini penting dipastikan agar pengajuan klaim kendaraan Anda dapat ditangani secara cepat sampai mobil diperbaiki dan kembali mulus sesuai harapan.

1. Cek masa berlaku asuransi mobil
Sebaiknya Anda memastikan bila polis asuransinya masih aktif, jangan sampai masanya sudah habis sehingga kendaraan Anda tidak tercover. Anda juga perlu melakukan pengecekan jenis asuransi yang digunakan. Hal ini biasanya tergantung dari jenis polis yang dipilih saat melakukan penutupan Asuransi Kendaraan.

2. Siapkan dokumen pendukung
Siapkan syarat atau dokumen pendukung klaim asuransi secara online maupun offline. Biasanya berupa Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang juga tidak mati. Siapkan pula surat keterangan dari pihak berwenang seperti kepolisian atau pengelola jalan tol untuk memperkuat klaim asuransi. Dokumen resmi yang bermasalah (mati) bisa mengakibatkan klaim Anda ditolak. Apabila Anda melakukan lapor klaim pada layanan asuransi via online, persiapkan dokumen tersebut dengan melakukan scan atau foto dokumen sesuai kebutuhan dan syarat klaim.

Baca juga : Anies Baswedan: Tambang Ilegal di Kalimantan Timur Harus Diperangi Bersama

3. Segera lakukan lapor klaim lewat aplikasi
Bila semua syarat sudah lengkap dan asuransi masih aktif, Anda disarankan segara membuat laporan di fitur lapor klaim yang tersedia pada aplikasi BRINSMobile dan layanan dapay diakses 24/7 dan setelah dilakukan pelaporan melalui brinsmobile atau channel lain akan langsung di respon oleh petugas klaim 1x24 Jam hingga laporan sudah diterima dan mendapat persetujuan sampai perbaikan kendaraan Anda sudah ditangani oleh pihak bengkel.

4. Monitoring proses
Dalam proses perbaikan mobil di bengkel rekanan asuransi, Anda dapat melakukan monitoring proses klaim secara online. Memonitoring proses klaim dapat dilakukan dengan sangat mudah yaitu dapat di akses melalui aplikasi BRINSMobile, pilih sub menu claim untuk memasukan nomer tiket lapor klaim serta nomer plat kendaraan, lalu akan muncul nomer polis kendaraan tertanggung yang sudah dilaporkan, selanjutnya Anda dapat melakukan monitoring proses klaim kendaraan atas nomor polis kendaraan lewat ponsel.

Selain lewat aplikasi BRINSmobile fitur lapor klaim dan claim tracking juga dapat diakses melalui beberapa channel layanan diantara WhatsApp official di 08118014081, contact center 14081 dan website www.brins.co.id.

Baca juga : Wajib Tahu Sebelum Dipakai! ini Perbedaan Oli Asli dan Palsu

5. Serah terima mobil
Setelah selesai diperbaiki, Anda akan dihubungi oleh pihak asuransi untuk serah terima kendaraan. Lakukan inspeksi dahulu untuk memastikan kondisinya sudah prima. Jika sudah tidak ada masalah, Anda bisa menandatangani berkas serah terima kendaraan. (B-4)

 

Baca juga : Tips Merawat Motor Mesin Karburator, bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat