visitaaponce.com

5 Jenis Kerusakan Umum Mobil dan Estimasi Biaya Kerusakannya

5 Jenis Kerusakan Umum Mobil dan Estimasi Biaya Kerusakannya
kerusakan mobil(ilustrasi)

AGAR performa mobil tetap prima, mengenal kerusakan-kerusakan komponen mobil menjadi hal yang sangat penting demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara di jalan raya. Dengan tahu kerusakan yang sering terjadi, Anda bisa lebih mudah memberikan perawatan secara rutin dan menyeluruh pada mobil meskipun biayanya tidak sedikit.

Kerusakan Umum Mobil yang Perlu Diketahui 

Kerusakan pada mobil secara umum bisa terjadi di bagian luar atau dalam kendaraan yang tidak mudah terlihat atau terdeteksi. Untuk mengetahui masalah umum mobil lebih mendalam, Anda bisa membaca ulasan di bawah ini:

1. Mesin & Transmisi

Mobil merupakan jenis kendaraan roda empat yang bisa memberikan kenyamanan untuk digunakan sehari-hari. Namun, kendaraan ini juga rentan mengalami kerusakan pada mesin dan transmisi apabila kurang melakukan perawatan dan faktor lainnya.

Baca juga : Wajib Tahu Sebelum Dipakai! ini Perbedaan Oli Asli dan Palsu

  • Kerusakan umum dan faktor biaya

Mesin mobil rentan mengalami kerusakan lantaran pemakaian secara sembarangan maupun perawatan yang kurang baik. Kerusakan yang paling umum adalah turun mesin yang rata-rata membutuhkan biaya perbaikan berkisar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta tergantung kerusakan.

Selain mesin, kerusakan umum mobil juga bisa terjadi pada transmisi sebagai komponen yang sangat vital. Bahkan biaya perbaikan kerusakan pada transmisi tergolong mahal mulai Rp 1,5 juta sampai Rp 8 juta jika transmisi automatic bisa mencapai belasan juta.

  • Tips pencegahan

Dalam mobil terdapat banyak komponen vital yang penting untuk menunjang performa kendaraan sehingga tetap tangguh. Oleh karena itu, Anda harus melakukan langkah pencegahan sebelum terjadi kerusakan pada mesin dan transmisi mobil:

  1. Mengganti oli mesin dan oli transmisi secara berkala.

  2. Rajin membersihkan dan mengganti filter udara mobil.

  3. Menggunakan suku cadang berkualitas bagus.

  4. Selalu periksa suhu mesin.

  5. Panaskan mobil sebelum menggunakannya. 

2. Sistem Kelistrikan

Sebagai penunjang operasional mobil, sistem kelistrikan termasuk bagian sangat vital bagi kendaraan roda empat. Sistem kelistrikan mobil juga rentan mengalami masalah akibat faktor pemakaian ataupun kelalaian dalam perawatannya.

Baca juga : Suplemen Oli Bisa Jadi Alternatif Menggenjot Performa Mesin Kendaraan

  • Masalah umum dan biaya perbaikan

Kerusakan umum mobil yang kerap terjadi pada sistem kelistrikan adalah baterai atau aki mobil melemah sehingga mobil tidak bisa beroperasi. Apabila mengalami aki melemah Anda bisa mengisi daya dengan biaya tergolong murah atau bisa mengganti dengan aki baru.

  • Pemeriksaan sederhana

Sebenarnya masalah gangguan pada sistem kelistrikan mobil cukup beragam sehingga perlu Anda perhatikan. Caranya bisa dengan melakukan pemeriksaan pada sistem kelistrikan secara sederhana sebagai berikut:

  1.  Merawat dan mengganti aki mobil secara berkala.

  2. Perhatikan kondisi kabel dan soket yang menjadi komponen dalam mobil.

  3. Perhatikan modifikasi kelistrikan.

  4. Hindari kebocoran cairan.

3. Suspensi & Kemudi

Komponen mana saja yang sering mengalami kerusakan umum mobil? Tidak hanya mesin, transmisi, dan sistem kelistrikan. Namun, bagian suspensi serta kemudi juga rentan mengalami masalah.

Baca juga : Pertamina Jamin Kualitas Pertalite Sesuai Aturan Pemerintah

  • Kerusakan yang sering terjadi

Pemilik kendaraan tentu harus tahu masalah yang sering terjadi pada mobil terutama pada bagian suspensi dan kendaraan. Setidaknya ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada komponen suspensi ataupun kemudi mobil.

  1. Shockbreaker bocor.

  2. Suspensi tidak lurus.

  3. Karet per rusak.

  4. Korsleting listrik.

  5. Sistem power steering bermasalah.

  • Estimasi biaya dan tanda-tanda awal

Suspensi dan kemudi mobil termasuk komponen yang memiliki peran penting dalam kelancaran ketika berkendara di jalan. Seiring bertambahnya usia mobil tidak jarang timbul berbagai masalah yang harus Anda antisipasi sejak dini.

Tanda awal kerusakan umum mobil sering keluar suara aneh seperti berdesis, timbul getaran, ban tidak rata, hingga sulit mengendalikan kemudi. Estimasi biaya untuk memperbaiki kerusakan pada kedua komponen tersebut berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta.

4. Rem & Pengereman

Masalah kerusakan pada mobil bisa terjadi kapan saja dan di mana saja mengingat intensitas pemakaian setiap hari. Bahkan kerusakan yang umum terjadi pada komponen rem sebagai komponen paling vital kendaraan.

Baca juga : Ini Rahasia Kendaraan Komersial Hino Aman dari Overheat 

  • Permasalahan umum dan biaya perbaikan

Salah satu faktor kecelakaan kendaraan di jalan raya adalah rem bermasalah, apalagi jika Anda jarang melakukan servis kendaraan. Masalah tersebut meliputi pengeram tidak merata, pengikisan rem, rem seret dan berisik, hingga masalah rem blong.

Baca juga : Kenali Perbedaan Oli Sintetik dan Oli Mesin Mobil Mineral

Tentu masalah pengereman mobil sangat penting untuk Anda perhatikan guna menjaga keselamatan dalam berkendara. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk memperbaiki masalah pengereman tergolong murah mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu saja.

  • Pemeriksaan rutin

Semua komponen yang tersusun pada mobil memiliki peran penting masing-masing, terutama sistem pengereman. Untuk mencegah kerusakan umum mobil pada sistem pengeraman Anda perlu melakukan langkah pemeriksaan berikut:

  1. Periksa kualitas minyak dan ketebalan kampas rem.

  2. Bersihkan kampas rem serta berikan pemulas secara rutin.

  3. Periksa kondisi selang sistem rem secara berkala.

5. Bodi & Eksterior

Apa saja masalah umum pada mobil? Masalah yang sering terjadi pada kendaraan roda empat tentu beragam. Mulai dari masalah mesin, transmisi, sistem kelistrikan, sistem pengeraman, suspensi, kemudi, dan bisa juga terjadi pada masalah bodi serta interior.

  • Jenis kerusakan dan alternatif perbaikan

Body merupakan bagian terluar dari mobil yang rentan mengalami kerusakan, seperti goresan permukaan, penyok, dan kaca pecah. Sedangkan masalah yang sering terjadi pada interior meliputi interior berjamur, AC kurang dingin, head unit tidak berfungsi.

Kemungkinan kerusakan umum mobil pada interior juga bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya kelalaian dalam perawatan. Sebagai alternatif untuk memperbaikinya tentu saja melakukan perawatan rutin.

  • Faktor yang mempengaruhi biaya

Sebenarnya ada banyak kerusakan yang umum terjadi pada kendaraan roda empat, mulai kerusakan ringan hingga serius. Untuk memperbaiki kerusakan tersebut tentu Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya yang terpengaruh oleh faktor berikut:

  1. Teknologi pada mobil.

  2. Kualitas Suku Cadang

  3. Kondisi kerusakan pada mobil.

Untuk memastikan keamanan kendaraan Anda, mulailah dengan memberikan perhatian khusus dengan melakukan perawatan yang intensif. Penting juga untuk memastikan bahwa kendaraan Anda dilengkapi dengan proteksi yang dapat menjaga dan mengurangi potensi kerugian akibat risiko di jalan. Ambil langkah preventif sekarang dengan mempertimbangkan investasi dalam asuransi mobil yang sesuai di cekpremi.com. sehingga Anda dapat mengendarai dengan keyakinan dan tanpa kekhawatiran terkait risiko perjalanan.

Temukan perlindungan terbaik untuk mobil Anda di Cekpremi. Dapatkan penawaran asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan hindari kejutan biaya perbaikan. Aman, nyaman, dan terlindungi bersama Cekpremi.com. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat