visitaaponce.com

Kisah Triana Saptiaji Penjual Mukena Pemenang Kategori Super Livestreamer UMKM di Shopee Super Awards 2023

Kisah Triana Saptiaji Penjual Mukena Pemenang Kategori Super Livestreamer UMKM di Shopee Super Awards 2023
Triana Saptiaji, pemilik Azella Collections, meraih penghargaan Super Livestreamer UMKM dalam Shopee Super Awards 2023.(Instagram Azella Collection)

USAHA Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak ekonomi di Indonesia. Pentingnya peran UMKM itu menjadi dasar Shopee menggelar Shopee Super Awards 2023. 

Melalui penghargaan itu, Shopee mencari pihak dan figur yang telah berkontribusi bagi perkembangan ekonomi digital bersama teknologi Shopee dalam satu tahun terakhir, termasuk UMKM lokal. 

Sejumlah kategori di Shopee Super Awards 2023 ditujukan khusus untuk para pelaku UMKM yang telah memberikan dampak positif melalui ekosistem e-commerce Indonesia.

Baca juga : Keren! Pesanan Shopee Video 45X Lipat dan Transaksi Shopee Live 49X Lipat di Shopee 12.12 Birthday Sale

Salah satu UMKM yang sukses menyabet penghargaan di Shopee Super Awards 2023 ini adalah Triana Saptiaji, pemilik UMKM Azella Collections. Triana berhasil menyabet penghargaan di kategori Super Livestreamer UMKM, berkat ketekunannya menggunakan fitur live streaming dan sukses menjual ribuan produk dalam satu hari.

Triana pun berbagi kisah kepada awak media mengenai perjalanannya merintis bisnis mukena onlinenya. Awalnya, pria 43 tahun ini memiliki bisnis konveksi, namun perputaran modalnya dirasa cukup lama karena banyak dari para pelanggannya yang membayar dalam tempo yang cukup lama.

Baca juga : Pemerintah Provinsi Banten Sosialisasi Marketplace Travel untuk Dukung UMKM Lokal

Dok. Istimewa

Christin Djuarto, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia 
Memberikan Penghargaan Kategori Super Livestreamer UMKM 
kepada Triana Saptiaji, Pemilik Azella Collections di Shopee

“Saya sudah pakai Shopee dari tahun 2015, tapi waktu itu cuma untuk belanja aja, dan waktu itu saya masih punya bisnis online konveksi. Istri saya bilang, zaman semakin canggih, semakin modern, jadi serba digital, jadi harus bisa melangkah ke depan. Selain itu, sebagai UMKM kecil kita butuh yang bisa perputaran modalnya bisa cepat, dan akhirnya saya buka Azella Collections di Shopee. Alhamdulillah, bersyukur banget ambil keputusan itu,” ungkap Triana.

Baca juga : Shopee Super Awards 2023: Apresiasi untuk 33 Brand, Seller, UMKM, Partner, dan Creator

Pandemi covid-19, menjadi titik balik dalam perjalanan bisnis Triana. Pria kelahiran Tasikmalaya ini, mengandalkan fitur live streaming di Shopee, untuk mengembangkan bisnis mukenanya. Hasilnya pun cukup mengesankan. Azella Collections berhasil menjual hingga 1.500 produk saat kampanye tanggal kembar berlangsung.
“Namanya era digital, kita sebagai pelaku UMKM mau nggak mau harus belajar biar bisa berkembang. Akhirnya saya pelajari itu fitur-fitur di Shopee termasuk live streaming. Sehari bisa live sampai 7 sesi. Alhamdulillah bisa tembus ratusan juta dalam sehari waktu 12.12,” ujarnya.

Kerja keras yang dilakukan Triana ternyata membuahkan hasil yang manis. Ia berhasil mewujudkan cita-citanya untuk membuka lapangan pekerja. Tidak tanggung-tanggung, saat ini ia memiliki 100 pegawai dan mampu mengurangi tingkat pengangguran di Kawalu, Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Suksesi Triana merupakan satu dari banyak pelaku UMKM lainnya. Ia bisa meraih kesuksesan dengan memanfaatkan fitur inovatif di platform e-commerce dapat membawa kesuksesan dan pertumbuhan bisnis yang signifikan. 

Baca juga : Di Marketplace, Konsumen Pilih Produk yang Banyak Disukai

Yuks manfaatkan fitur yang ada dan raih kesuksesanmu. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat