visitaaponce.com

Shopee Live Masih Jadi Pilihan Utama Fitur Berjualan Bagi Brand Lokal dan UMKM

Shopee Live Masih Jadi Pilihan Utama Fitur Berjualan Bagi Brand Lokal dan UMKM
Live streaming masih jadi andalan para pelaku UMKM(MI)

HINGGA pertengahan 2024, belanja melalui live streaming tetap menjadi daya tarik utama dan semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Keunggulannya dalam menjangkau berbagai konsumen membuat para pemain e-commerce di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada, berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen.

Hal ini terutama memberikan dampak positif dan manfaat berkelanjutan bagi bisnis brand lokal dan UMKM.

Menurut survei IPSOS berjudul Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual yang dilakukan pada tahun 2023, Shopee Live masih menjadi pilihan utama fitur live streaming yang paling disukai oleh brand lokal dan UMKM. Survei ini melibatkan seller dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live streaming di marketplace melalui IPSOS Online Panel. Survei ini mengungkapkan beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh para brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan.

Baca juga : Keren! Pesanan Shopee Video 45X Lipat dan Transaksi Shopee Live 49X Lipat di Shopee 12.12 Birthday Sale

Hasil Survei IPSOS

  1. Top of Mind (TOM): Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM dengan persentase 77%, jauh melampaui pesaing terdekatnya TikTok Live (19%).

  2. Brand Used Most Often (BUMO): Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72% sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh brand lokal dan UMKM, dibandingkan dengan TikTok Live (26%).

  3. Market Share: Shopee Live (82%) menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, jauh melampaui TikTok Live (18%).

    Baca juga : Start-up Pembayaran Raih Berkah dari Maraknya E-commerce

“Akhir tahun 2023 lalu, kami melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. Tahun 2024 ini, dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan signifikan dan tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru. Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting bagi brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan terbaik dan meningkatkan omzet terbesar. Jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, Shopee Live diprediksi masih akan mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya," ungkap Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma.

Aspek Penting Pilihan Live Streaming Para Penjual

Keberhasilan Shopee Live dalam menyajikan layanan interaktif yang unggul menjadikannya sebagai pilihan utama bagi brand lokal dan UMKM. Beberapa aspek penting yang mempengaruhi preferensi para penjual dalam memilih fitur live streaming di platform e-commerce antara lain:

  1. Layanan yang Memuaskan: Live streaming memungkinkan interaksi langsung antara penjual dan konsumen. Shopee Live menunjukkan keunggulan signifikan dalam menyediakan layanan terbaik bagi brand lokal dan UMKM dengan persentase 67%, dibandingkan dengan TikTok Live (25%), Lazada Live (5%), dan Tokopedia Play (3%).

    Baca juga : Kisah Triana Saptiaji Penjual Mukena Pemenang Kategori Super Livestreamer UMKM di Shopee Super Awards 2023

  2. Peningkatan Omzet: Shopee Live diakui oleh lebih dari setengah brand lokal dan UMKM (67%) sebagai fitur yang memberikan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka, jauh melampaui TikTok Live (25%), Tokopedia Play (4%), dan Lazada Live (4%).

  3. Pertumbuhan Bisnis: Shopee Live mendominasi sebagai fitur live streaming yang paling membantu brand lokal dan UMKM untuk bertumbuh (64%), mengungguli TikTok Live (27%), Lazada (6%), dan Tokopedia Play (3%).

  4. Program Edukasi: Sebanyak 65% brand lokal dan UMKM menilai program edukasi yang ditawarkan Shopee Live sangat bermanfaat dan membantu para penjual, menunjukkan komitmen platform tersebut dalam membekali para penjual dengan pengetahuan dan keahlian yang optimal.

    Baca juga : Laporan TikTok: Konsumen di Tanah Air Kian Prioritaskan Nilai dari pada Harga

Andi Sukma menyimpulkan, Shopee Live menjadi platform live streaming pilihan utama brand lokal dan UMKM. Shopee Live menjawab berbagai aspek penting yang dibutuhkan oleh para penjual dalam mengembangkan bisnis mereka dan memberikan hasil omzet terbesar.

Meskipun terdapat pergeseran kebiasaan belanja pada masyarakat Indonesia, Shopee Live terus berinovasi dan menghadirkan penawaran terbaik bagi brand lokal dan UMKM untuk memenangkan persaingan di pasar digital. Dengan potensi dan teknologi yang dimiliki, Shopee Live diyakini akan mampu mempertahankan posisinya sebagai platform live shopping pilihan para penjual saat ini, memberikan peluang besar bagi brand lokal dan UMKM.

"Tren live streaming diprediksi akan terus berkembang dan menjadi bentuk persaingan yang semakin menarik di antara platform e-commerce di Indonesia," tandas dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat