visitaaponce.com

Rasio Utang Spanyol pada 2023 di Bawah Target Pemerintah

Rasio Utang Spanyol pada 2023 di Bawah Target Pemerintah
Wisatawan di pantai menikmati hari yang cerah di Spanyol.(AFP/Desiree Martin)

RASIO utang publik terhadap produk domestik bruto (PDB) Spanyol turun pada 2023 tepat di bawah target pemerintah sayap kiri. Bank of Spain mengatakan hal itu pada Jumat (16/2). Penurunan itu lebih kuat dari perkiraan pengumpulan pajak.

Rasio utang mencapai 107,7% output perekonomian pada akhir 2023. Menurut pernyataan bank sentral Spanyol itu, angka tersebut turun 5,5 poin persentase dari periode yang sama tahun lalu.

Pemerintahan koalisi Perdana Menteri Sosialis Pedro Sanchez, yang telah meningkatkan belanja sosial untuk membantu rumah tangga menghadapi inflasi tinggi, menargetkan rasio inflasi sebesar 108,1%. 

Baca juga : Kondisi Utang Indonesia Perlu Diwaspadai

"Mereka membuat kami percaya bahwa kami hanya bisa mengurangi utang dan defisit publik melalui penghematan dan pemotongan tunjangan. Kami telah membuktikan bahwa itu tidak benar. Ini caranya!" tulisnya di X, sebelumnya Twitter, setelah angka itu dirilis.

Rasio utang publik terhadap PDB Spanyol, salah satu yang tertinggi di Eropa, mencapai 125,7% pada 2020 karena peningkatan belanja pemerintah untuk menopang perekonomian selama pandemi covid-19. Pemerintah telah berjanji untuk menurunkan rasio tersebut menjadi 106,3% pada akhir 2024.

Perekonomian Spanyol, yang terbesar keempat di zona euro, tumbuh sebesar 2,5% pada 2023. Ini sedikit di atas perkiraan pemerintah sebesar 2,4%. Maklum, negara tersebut menyambut rekor jumlah pengunjung asing atau wisatawan mancanegara hingga lebih dari 84 juta. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat