visitaaponce.com

Ini Hal yang Boleh dan tidak Boleh Dilakukan saat Menggunakan PayLater

Ini Hal yang Boleh dan tidak Boleh Dilakukan saat Menggunakan PayLater
Ilustrasi paylater(Dok.MI)

PAYLATER telah menjadi salah satu opsi pembayaran yang populer di kalangan pengguna e-commerce dan aplikasi keuangan digital. Meskipun mudah digunakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaannya tetap menguntungkan dan tidak berisiko. 

Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan terkait apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menggunakan layanan paylater:

Boleh Dilakukan saat Menggunakan Paylater

  • Gunakan Secara Bertanggung Jawab

Gunakan layanan paylater hanya untuk pembelian yang benar-benar diperlukan dan sesuai dengan anggaran keuangan Anda.

Baca juga : Pinjol Bikin Skor Kredit Masyarakat Kurang Baik, Benarkah?

  • Pahami Syarat dan Ketentuan

Sebelum menggunakan paylater, pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku, termasuk biaya bunga dan denda keterlambatan pembayaran.

  • Pantau Pengeluaran

Tetapkan batasan atas penggunaan paylater agar tidak mengganggu keuangan pribadi Anda. Pantau juga tagihan dan jadwal pembayaran agar tidak terlambat.

  • Gunakan untuk Keperluan Mendesak

Manfaatkan paylater untuk keadaan darurat atau kebutuhan mendesak, bukan untuk pembelian impulsif atau yang sebenarnya bisa ditunda.

Baca juga : Ekonomi Brasil Tumbuh 2,9% pada 2023

  • Bayar Tepat Waktu

Pastikan untuk membayar tagihan paylater tepat waktu untuk menghindari denda keterlambatan dan agar tidak mempengaruhi skor kredit Anda di masa mendatang.

  • Lakukan Perbandingan

Bandingkan biaya dan manfaat dari layanan paylater yang ditawarkan oleh berbagai penyedia sebelum memilih yang terbaik untuk Anda.

Tidak Boleh Dilakukan saat Menggunakan PayLater

  • Melebihi Batas Kredit

Hindari menghabiskan lebih dari batas kredit yang ditetapkan oleh penyedia paylater. Hal ini dapat mengakibatkan biaya tambahan yang tidak diinginkan.

Baca juga : Vivere Hotel, Artotel Curated Hadirkan Promo Bertema 'February In Love'

  • Mengabaikan Biaya Tambahan

Sadari biaya bunga atau biaya administrasi lainnya yang mungkin dikenakan atas penggunaan paylater. Jangan sampai terkejut dengan tagihan yang lebih tinggi dari yang diharapkan.

  • Membiarkan Tagihan Menumpuk

Jangan biarkan tagihan paylater menumpuk tanpa pembayaran yang dilakukan secara teratur. Ini dapat memengaruhi keuangan Anda secara keseluruhan.

Hindari menggunakan paylater untuk investasi atau pembayaran utang jangka panjang yang seharusnya dilakukan dengan metode keuangan lain yang lebih aman dan terjamin.

Baca juga : Sambut Tahun Baru Imlek, Marketplace Barang Mewah Sodorkan Beragam Promo

  • Mengungkapkan Informasi Pribadi 

Jangan memberikan informasi pribadi atau rahasia seperti PIN atau kata sandi kepada pihak lain yang tidak terpercaya terkait dengan akun paylater Anda.

  • Menggunakan Tanpa Perencanaan

Jangan menggunakan paylater tanpa perencanaan yang matang atau hanya karena penawaran diskon atau promosi yang menggiurkan.

Dengan memperhatikan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menggunakan paylater, ini dapat membantu Anda dalam mengurangi risiko penggunaan paylater. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat