visitaaponce.com

Ekonomi Brasil Tumbuh 2,9 pada 2023

Ekonomi Brasil Tumbuh 2,9% pada 2023
Dump truck di dalam tambang bijih besi Otonom N4E milik perusahaan pertambangan Brasil Vale, Para.(AFP/Mauro Pimentel)

PEREKONOMIAN Brasil tumbuh 2,9% pada 2023 setelah pertumbuhan nol pada kuartal keempat. Ini menurut data yang dirilis Jumat (1/3) oleh badan statistik nasional IBGE.

Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) negara dengan ekonomi terbesar di Amerika Latin itu sedikit lebih rendah dibandingkan 3,0% pada 2022. Pertumbuhan selama setahun terakhir terutama didorong oleh sektor pertanian yang melonjak sebesar 15,1%, sektor industri (1,6%), dan jasa (2,4%).

Lembaga keuangan dan perusahaan konsultan memproyeksikan pertumbuhan sekitar 0,1% dalam tiga bulan terakhir pada 2023 dan 3,0% untuk setahun penuh. Demikian disampaikan harian bisnis Valor.

Baca juga : Brasil Tumbuhkan Ekonomi Kuartal III Sebesar 0,1%

Untuk 2024 pasar mengantisipasi pertumbuhan produk domestik bruto sebesar 1,75%. Ini hasil survei terakhir yang dilakukan bank sentral.

Banyak analis menghubungkan rendahnya pertumbuhan tersebut dengan tingkat suku bunga. Suku bunga yang tinggi membatasi ekspansi karena membuat kredit menjadi lebih mahal, mengurangi konsumsi dan investasi, dan secara umum memperlambat aktivitas bisnis.

Sejak kembali berkuasa pada Januari 2023, Presiden Luiz Inacio Lula da Silva telah mendorong penurunan suku bunga untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Presiden bank sentral Roberto Campos Neto mengatakan pada pertemuan para menteri keuangan G20 di Sao Paulo minggu ini bahwa menurunkan inflasi memerlukan biaya, tetapi penundaan dalam mencapai stabilitas harga dapat meningkatkan pengorbanan yang diperlukan untuk menurunkan harga dan semakin merugikan kelompok yang paling rentan.

Otoritas moneter Brasil terus menurunkan suku bunga federal sejak Agustus lalu dengan tingkat stabil 0,5 poin per bulan. Tingkat Selic rate mencapai 11,75% pada Desember dan dipotong menjadi 11,25% pada Januari. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat