visitaaponce.com

Brasil Tumbuhkan Ekonomi Kuartal III Sebesar 0,1

Brasil Tumbuhkan Ekonomi Kuartal III Sebesar 0,1%
Pembeli membeli perangkat TV di supermarket selama penjualan Black Friday di Sao Paulo Brasil pada 23 November 2023.(AFP/Nelson Almeida.)

BRASIL meningkatkan pertumbuhan PDB sebesar 0,1% pada kuartal ketiga. Ini sejalan dengan tingginya suku bunga dan perlambatan di sektor pertanian utama yang memukul negara dengan perekonomian terbesar di Amerika Latin itu.

Hasil yang diumumkan pemerintah, Selasa (5/12), itu lebih baik dari perkiraan para analis yang memperkirakan kontraksi sebesar 0,2%. Ini menjadi kenyamanan bagi pemerintahan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva ketika berupaya untuk memulai pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Ekonomi Afrika Selatan Kontraksi 0,2% pada Kuartal III

Pertanian merupakan pendorong utama perlambatan ini. Sektor ini mencatat kontraksi sebesar 3,3% dibandingkan kuartal kedua.

Meskipun kuartal ketiga lesu, para analis memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto sebesar 2,84% untuk tahun ini dan 1,5% pada 2024 dalam jajak pendapat yang diterbitkan pada Senin (4/12) oleh bank sentral.

Baca juga: Inflasi Zona Euro ke Level Terendah dalam Dua Tahun Terakhir

Lula, tokoh sayap kiri veteran, yang kembali menjabat untuk masa jabatan ketiga pada bulan Januari, telah berjanji untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang “solid” lebih dari tiga persen.

Namun ia berselisih dengan bank sentral mengenai apa yang ia sebut sebagai suku bunga acuan yang sangat tinggi, saat ini sebesar 12,25 persen, yang menurutnya mengerem perekonomian.

Baca juga: Brasil Berencana Perluas Lahan Pertanian sampai 60%

Bank secara agresif menaikkan suku bunga untuk melawan melonjaknya harga. Namun dengan tingkat inflasi tahunan yang kini mencapai 4,82%, bank sentral mulai menurunkan suku bunga lagi dengan pemotongan setengah poin pada setiap tiga pertemuan terakhirnya. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat