visitaaponce.com

Resmikan Makassar New Port, Jokowi Aktivitas di Pelabuhan akan Makin Efisien

Resmikan Makassar New Port, Jokowi: Aktivitas di Pelabuhan akan Makin Efisien
Presiden Joko Widodo meresmikan Makassar New Port.(MI/Lina Herlina)

Presiden Joko Widodo meresmikan Makassar New Port (MNP) atau Pelabuhan Baru Makassar, di Sulawesi Selatan, Kamis (22/2). Dalam sambutannya, Jokowi menyebut MNP sebagai pelabuhan terbesar kedua di Indonesia setelah Tanjung Priok,

"Ini juga pelabuhan terdalam, dengan kedalaman 16 meter. Ini sangat baik untuk bersandarnya kapal besar yang mengangkut kontainer," ujar Jokowi.

Keberadaan infrastruktur itu diproykesikan mampu memangkas waktu parkir atau tunggu kapal kargo alias dwelling time dari semula antara lima hingga tujuh hari menjadi hanya tiga hari.

Baca juga : Presiden Jokowi Resmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Losari Makassar

"Ini sebelumnya tidak efisien. Sekarang dwelling timenya bisa tiga hari. Semuanya sangat bagus. Tidak kalah kita dengan pelabuhan besar di negara lain . Inilah kekutan dan potensi yang terus diperbaiki," ucap mantan wali kota Surakarta itu.

Keberadaan MNP yang mendukung konektivitas pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) juga akan megefisiensikan biaya logistik. Daya saing Indonesia bisa menjadi lebih baik karena kapasitas muatan pelabuhan yang semula hanya 750 ribu TEUs, kini sudah didongkrak menjadi 2,5 juta TEUs.

"Ini sudah menjadi lompatan yang tinggi. Dengan investasi Rp5,4 triliun, kita lihat nanti progres perkembangan pelabuhan ini. Seperti harapan kita, bisa mengefisienkan biaya-biaya logistik yang ada di tanah air," tuturnya.

Dengan keberadaan MNP, seluruh aktivitas akan bergeser secara bertahap dari pelabuhan lama. Saat ini, proses perpindahan sudah 30%.

"Perpindahannya butuh waktu, bisa seminggu, dua bulan, bertahap, tergantung, yang tidak mengganggu aktivitas arus barang yang keluar masuk di Sulawesi," tandas Jokowi. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat