visitaaponce.com

OJK Nilai Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Nasional Cukup Baik

OJK Nilai Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Nasional Cukup Baik
Gedung OJK.(MI/WIDJAJADI)

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) menilai kondisi stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih cukup baik dan kuat. Hal itu merupakan kesimpulan dari hasil Rapat Dewan Komisioner Bulanan pada Februari 2024.

“Stabilitas sektor jasa keuangan nasional terjaga, didukung oleh permodalan yang kuat dengan likuiditas yang stabil dan profil risiko yang terjaga di tengah kinerja perekonomian global yang secara umum membaik,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam konferensi pers, Senin (4/3).

OJK, kata Mahendra, menilai tekanan ekonomi global saat ini cenderung stabil meski masih tetap perlu dicermati dan diwaspadai, utamanya terkait dengan dinamika geopolitik dunia. Di Amerika Serikat, misalnya, kinerja inflasi dipandang masih belum memuaskan di tengah pertumbuhan ekonomi Negeri Paman Sam yang terbilang solid.

Baca juga : OJK: Sektor Jasa Keuangan Indonesia Tetap Stabil

Sementara di Kawasan Eropa, OJK menilai perkembangan ekonomi Jerman dan Inggris perlu dicermati. Sebab, dua negara itu mengalami pelemahan ekonomi dan telah masuk ke dalam resesi. Kendati begitu, tingkat inflasi dari dua negara tersebut mulai mengarah ke target sasaran dari bank sentral masing-masing.

“Sementara di Tiongkok, perekonomian berada di bawah rerata historis dengan tekanan di pasar keuangan terpantau meningkat,” tutur Mahendra.

“Dari sisi geopolitik, tingginya eskalasi konflik di beberapa kawasan memunculkan potensi instabilitas yang berimbas memicu harga komoditas global ke depan,” tambahnya.

Adapun dari sisi domestik, lanjut Mahendra, OJK menilai Indonesia masih memiliki soliditas ekonomi. Hal itu tercermin dari kinerja pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV 2023 yang tercatat 5,04% secara tahunan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat