visitaaponce.com

Ini Alasan Pemerintah Impor Beras

Ini Alasan Pemerintah Impor Beras
Buruh pelabuhan membongkar beras impor asal Thailand dari kapal kargo di Pelabuhan Boom Baru, Palembang, Sumatera Selatan(ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

DIREKTUR Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), Rachmi Widiriani menyebut bahwa cadangan pangan pemerintah sejak 2023 didatangkan dari luar (impor) karena produksi dalam negeri yang mengalami kontraksi turun.

Dari data Kerangka Sampel Area (KSA) Badan Pusat Statistik (BPS), selama 8 bulan terakhir produksi beras berada dibawah angka kebutuhan rata-rata beras nasional.

"Kebutuhannya kan 2,5 juta ton per bulan. Kenapa di perlu dilakukan penguatan cadangan pangan pemerintah karena sudah diperintahkan di Perpres 125 Tahun 2022 dan memang pemanfaatannya pun hanya untuk intervensi pemerintah salah satunya SPHP yang harganya dikontrol HET," kata Rachmi di Forum Merdeka Barat, Senin (4/3).

Baca juga : 27 Ribu Ton Beras Impor dari Vietnam Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Impor beras yang belakangan dilakukan oleh pemerintah, jelas dia, akan digunakan hanya untuk cadangan beras pemerintah (CBP)

"Jadi tidak langsung masuk ke pasar, jadi dikendalikan oleh pemerintah dalam hal ini Bapanas menugaskan Bulog," ujar dia.

Kemudian, sambung dia, pada saat musim panen datang Bulog mempunya tanggung jawab membeli produk petani agar Nilai Tukar Petani (NTP) yang saat ini sudah di angka 120 itu tidak turun.

"Karena kita punya tugas di tengah-tengah, menjaga petani tetap happy, untung, sejahtera dengan kegiatan budidayanya kemudian juga menjaga konsumen. Jadi tidak boleh terus impor itu membuat petani rugi," pungkasnya. (Fal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat