visitaaponce.com

Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Tahun ini Cuma Ditargetkan 5

Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Tahun ini Cuma Ditargetkan 5%
Bagan yang menunjukkan pertumbuhan PDB Tiongkok selama 20 tahun dibandingkan dengan negara-negara tertentu(AFP)

Pemerintah Tiongkok akan menetapkan target pertumbuhan produk domestik bruto sebesar lima persen untuk tahun ini. Demikian menurut salinan resmi laporan kerja pemerintah yang dilihat oleh AFP, Selasa (4/3).

Target ini merupakan salah satu yang terendah dalam beberapa dekade atau sama dengan tahun lalu (lihat grafis). Target PDB akan diumumkan secara resmi pada hari ketika pertemuan Kongres Rakyat Nasional, parlemen Tiongkok, dimulai hari ini.

Negara ini terus bergulat dengan krisis sektor properti yang berkepanjangan, tingginya angka pengangguran di kalangan muda, dan perlambatan global yang berdampak buruk terhadap permintaan barang-barang Tiongkok.

Beijing selama bertahun-tahun enggan menghadapi tekanan-tekanan tersebut secara langsung dengan memberikan dana talangan (bailout) dalam jumlah besar, karena takut akan membebani kas negara yang rentan. Para analis tidak melihat kemungkinan kebijakan itu akan berubah.

Sementara itu, dalam salinan laporan pemerintah yang dilihat AFP, anggaran militer Tiongkok tahun ini akan meningkat sebesar 7,2% dan ditetapkan sebesar 1,665 triliun yuan (US$231,4 miliar).  Beijing akan mengumumkan secara resmi anggaran tersebut pada pembukaan Kongres Rakyat Nasional pada Selasa (5/3) malam. (AFP/M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat