visitaaponce.com

Permohonan Visa ke Luar Negeri Meningkat 137

Permohonan Visa ke Luar Negeri Meningkat 137%
Calon penumpang pesawat antre di area lapor diri sebelum melakukan penerbangan dari Bandara Internasional Juanda.(ANTARA/UMARUL FARUQ)

PERUSAHAAN Visa Facilitating Services (VFS) VFS Global mencatat pada 2023, volume permohonan visa dari Indonesia yang diajukan melalui layanan mereka telah melampaui level sebelum pandemi. Hal ini terjadi seiring dengan pulihnya kepercayaan masyarakat untuk melakukan perjalanan keluar negeri dan adanya pelonggaran pembatasan perjalanan.

"Volume permohonan visa di semua kategori dari Indonesia pada 2023 telah melampaui angka sebelum pandemi pada 2019 yakni sebesar 9%, dan meningkat sebanyak 137% dari tahun 2022," kata Kaushik Ghosh, Head - Australasia, VFS Global, di Jakarta, Rabu (6/3).

Destinasi yang menjadi pilihan wisatawan Indonesia pada 2023 termasuk di antaranya adalah Arab Saudi, Belanda, Inggris, Jepang, Jerman, Kanada, Swiss, dan Uni Emirat Arab.

Baca juga : Tiongkok-Singapura Bebas Visa Mulai 9 Februari 2024

Kaushik lebih lanjut menjelaskan bahwa peningkatan jumlah permohonan visa dari Indonesia pada tahun lalu menunjukkan bahwa kepercayaan wisatawan telah pulih dan masyarakat siap untuk kembali untuk melakukan perjalanan keluar negeri. Perusahaan yakin momentum positif perjalanan ini akan terus berlanjut pada 2024.

"Kami menganjurkan bagi mereka yang berencana melakukan perjalanan ke luar negeri, agar mengajukan permohonan visa dari jauh hari untuk menghindari jadwal temu yang padat," kata Kaushik.

Disarankan untuk mengajukan visa sejak memesan penerbangan dan akomodasi. Sebagian besar negara menerima aplikasi visa hingga 90 hari atau 3 bulan sebelum keberangkatan.

Baca juga : 20 Negara Diusulkan Dapat Bebas Visa Kunjungan ke RI

Menurut Kode Visa Schengen yang telah direvisi per tanggal 9 Februari 2020, pengajuan visa untuk zona Schengen dapat dilakukan 6 bulan sebelum tanggal perjalanan. Pada khususnya tahun ini dengan meningkatnya permintaan visa dan jadwal janji temu yang terbatas, kami menyarankan agar pemohon untuk mengajukan visa sesegera mungkin.

Angka pelayanan visa khusus personalisasi juga terus meningkat, sehingga menjadi tren baru di dalam permohonan visa di tahun 2023 lalu. VFS Global mencatat peningkatan yang signifikan pada pelayanan personalisasi, seperti pelayanan Visa At Your Doorstep (VAYD).

Pengajuan layanan VAYD visa yang dapat dilakukan dari rumah atau lokasi pilihan lain bagi pemohon. Pemohon dapat mengajukan permohonan visa, melakukan proses pengambilan biometrik, dan sekaligus menerima kembali paspor mereka melalui jasa kurir di tempat pilihan pemohon.

Saat ini, VFS Global di Indonesia menawarkan pelayanan VAYD untuk 7 negara yaitu Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Hongaria, Jepang, dan Inggris. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat