visitaaponce.com

BNI Raih Tiga Penghargaan ESG

BNI Raih Tiga Penghargaan ESG
Tiga penghargaan yang diterima BNI(BNI)

PT Bank Negara Indonesia (BNI) berhasil meraih dua penghargaan pada ajang Environmental, Social, and Governance (ESG) Appreciation Night yang diselenggarakan B Universe. Adapun, dua penghargaan yang dimenangkan adalah kategori Most Appreciated ESG Report dan ESG Lowest Risk. Itu menjadi bukti bahwa perseroan konsisten menjaga kepedulian terhadap lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Di samping itu, BNI juga meraih The Excellent Sustainable Communication Company in Financial Sector pada ajang Nusantara Sustainability Trend 2024 dengan tema Embracing Humans and Environment in Harmony dari Nusantara TV. BNI dinilai konsisten dalam melakukan inovasi dan terobosan dalam mengomunikasikan program sustainability sehingga publik teredukasi dengan jangkauan yang lebih luas.  

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan ketiga penghargaan tersebut merupakan bukti komitmen BNI dalam menginternalisasi prinsip keuangan berkelanjutan.

Baca juga : ABM Investama Sabet Penghargaan Platinum Plus dalam Penerapan ESG

“Sebagai bank milik negara yang menjadi motor penggerak pelaksana keuangan berkelanjutan di Indonesia, BNI terus berkomitmen menginternalisasi prinsip keuangan berkelanjutan,” ujar Okki melalui keterangan tertulis, Selasa (6/3).

Okki menjelaskan BNI telah melakukan berbagai inisiatif sebagai first mover implementasi ESG pada sektor perbankan. Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah dengan menetapkan target Net Zero Emission (NZE) aktivitas operasional BNI pada 2028 dan NZE pembiayaan pada 2060.

Dari sisi operasional, perseroan telah melakukan penghitungan emisi scope 1, 2, dan 3 baik di kantor pusat, kantor wilayah, dan kantor cabang sesuai standar Greenhouse Gas (GHG) Protocol.

Baca juga : Terapkan ESG, ABM Raih Penghargaan Emisi Korporasi 2022

Untuk usaha penurunan emisi, BNI akan meningkatkan upaya efisiensi energi sampai ke level wilayah dan cabang serta memperbaiki proses waste management untuk mengurangi waste to landfill.

Dari sisi pembiayaan, BNI terus mengupayakan peningkatan pembiayaan green loan. Pada 2023, pembiayaan di kategori tersebut sudah mencapai Rp67,9 triliun atau tumbuh 13,6% dari posisi Desember 2022.

"Dalam mendorong pertumbuhan green loan ini, BNI telah menetapkan insentif keringanan bunga khususnya untuk empat kategori seperti energi terbarukan, transportasi ramah lingkungan, bangunan berwawasan lingkungan, dan pengelolaan sumber daya alam," tandasnya. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat