visitaaponce.com

BLT Rp600 Ribu akan Cair Sebelum Lebaran

BLT Rp600 Ribu akan Cair Sebelum Lebaran
Warga di Ciamis antre untuk menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT).(Dok. Antara)

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Pangan sebesar Rp600 ribu untuk tiga bulan akan cair pada semester ini, tepatnya di periode Ramadan.

"Ya mungkin sebelum lebaran. Jadi tunggu sidang Isbat dulu," kata Airlangga berkelakar dalam media briefing, Jumat (8/3).

Sebelumnya, Airlangga mengatakan penyaluran BLT Rp600 ribu masih dalam proses untuk bisa dicairkan. Salah satu yang menjadi kendala terkait penganggaran yang ada di Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca juga : Kemiskinan Ekstrem 0% Sulit Tercapai

"Penyaluran kita harapkan (secepatnya) kan sekarang masih membutuhkan penganggaran di Kementerian Sosial dan kemudian berkontrak dengan PT Pos karena penyaluran melalui PT Pos secara biaya lebih murah daripada melalui Himbara," kata Airlangga.

Pemerintah berencana memberikan BLT mitigasi risiko pangan. Bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan berlaku untuk periode Januari-Februari-Maret 2024 dan akan dievaluasi setiap 3 bulan.

Pencairan BLT akan dilakukan dengan cara dirapel atau diberikan sekaligus sebesar Rp 600 ribu. Anggaran untuk program ini mencapai Rp11,25 triliun dengan target 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Dirapel karena kan kita ada sensus untuk kemiskinan ekstrim targetnya 0, jadi jangan sampai momentum atau siklusnya lewat," kata Airlangga.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat