visitaaponce.com

Pemerintah akan Tambah 14 PSN dengan Pembiayaan Swasta

Pemerintah akan Tambah 14 PSN dengan Pembiayaan Swasta
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan soal 14 PSN yang akan digarap pada 2024.(MI/INDRIYANI ASTUTI)

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan ada 14 proyek strategis nasional (PSN) baru untuk 2024. Proyek tersebut dibiayai oleh swasta. Tidak mengggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Airlangga juga mengatakan ada isu seperti tata ruang dan lahan yang perlu diselesaikan.

"Ini disetujui oleh presiden dan ada PSN baru penyesuaian nomenklatur dan perubahan dari ruang lingkup PSN itu sendiri," ujar Airlangga seusai rapat terbatas mengenai percepatan PSN yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (18/3).

Rapat itu dihadiri sejumlah menteri yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya.

Baca juga : Simulasi Makan Siang Gratis Masih akan Berlanjut, Sumber Dananya?

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan dari 14 PSN yang baru, tidak semua 14 PSN itu melakukan invetasi baru. Ia menyebut hanya 2 PSN yang membutuhkan status PSN.

Adapun 14 PSN itu diantaranya pengembangan Pantai Indah Kapuk Tropical Concept, Kawasan Industri Wiraraja di Pulau Galang, North Hub Development Project, Kawasan Industri Patimban Industrial Estate di Subang,

Industri Giga Industrial Park di Sulawesi Tenggara dan Kawasan Pesisir Surabaya Water Front.

Basuki menambahkan di Kementerian PUPaR, ada 116 proyek PSN yang ada dalam daftar. Adapun yang telah selesai hanya 99 proyek. Sedangkan untuk 2024, pada semester pertama ada 11 proyek yang akan diselesaikan yakni 8 bendungan, satu irigasi, dan 2 jalan tol.

Kemudian pada semester kedua 2024, terdapat 21 proyek yang akan diselesaikan sehingga total PSN pada 2024 sebanyak 32. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat