visitaaponce.com

Yen Melemah karena Jepang Menaikkan Suku Bunga

Yen Melemah karena Jepang Menaikkan Suku Bunga
Seorang pria berjalan melewati papan elektronik yang menunjukkan harga saham Bursa Efek Tokyo (kiri) dan nilai tukar yen Jepang( Kazuhiro NOGI / AFP)

Yen melemah namun saham-saham Jepang naik pada Selasa (19/3) setelah Bank of Japan menaikkan suku bunga.

Sementara itu, saham-saham di tempat lain bervariasi karena investor menunggu sinyal lebih lanjut dari bank sentral lainnya.

Pada perdagangan tengah hari, pasar saham AS sebagian besar dibuka lebih rendah, sementara Paris dan Frankfurt sedikit lebih tinggi, dan London sedikit fluktuatif.

Baca juga : Dolar AS Rebound, Pound Jatuh Terseret Inflasi Inggris

Bank of Japan, bank sentral Jepang,  menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam 17 tahun, mengeluarkannya dari wilayah negatif, namun mengindikasikan kemungkinan tidak akan menaikkan suku bunga lagi dalam waktu dekat.

Pengumuman itu menyemangati investor pasar saham Jepang tetapi yen turun lebih dari satu persen terhadap dolar menjadi 150,54 yen pada 13.30 GMT.

Meningkatnya harga-harga dan upah akhirnya memberikan ruang bagi Bank of Japan untuk beralih dari kebijakan yang selama ini tidak lazim dalam perekonomian global, dimana negara-negara lain menaikkan biaya pinjaman untuk memerangi inflasi.

Beberapa bank sentral besar lainnya minggu ini mengadakan pertemuan yang akan memutuskan tingkat suku bunga, termasuk Amerika Serikat dan Inggris. Sementara itu, Australia mempertahankan suku bunganya tidak berubah.

“Investor kemungkinan akan diam saja selama pertemuan dua hari The Fed yang berakhir besok (Rabu),” kata David Morrison, analis di Trade Nation. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat