visitaaponce.com

Reddit Puncaki Harga IPO di Tengah Antusiasme Investor

Reddit Puncaki Harga IPO di Tengah Antusiasme Investor
Jaringan sosial Reddit mengumumkan harga penawaran sahamnya telah mencapai puncak kisaran yang diharapkan sebelum debutnya di Bursa Efek NY.(AFP)

JARINGAN sosial Reddit mengumumkan harga penawaran sahamnya berada di puncak kisaran yang diharapkan sebelum menjadi publik di Bursa Efek New York, menandakan antusiasme dari para investor.

Reddit, yang akan debut pada Kamis dengan kode saham "RDDT", akan dipublikasikan dengan harga saham US$34 per lembar, demikian pernyataan perusahaan, yang akan menilai platform tersebut sekitar US$6,4 miliar.

Masuknya Reddit terjadi ketika sektor teknologi mengalami perlambatan besar dalam IPO sejak Federal Reserve AS mulai menaikkan suku bunga.

Baca juga : Reddit Ingin Raup US$500 Juta dalam Debut Pasar Saham

Dengan pembiayaan yang sulit diperoleh, Silicon Valley mengalami kekurangan perusahaan yang siap untuk melangkah besar untuk menjadi publik, dengan Pinterest menjadi perusahaan media sosial terakhir yang melakukannya tahun 2019.

Reddit, yang berbasis di San Francisco, pertama kali mendaftarkan IPO-nya pada 2021 ketika pasar panas berkat booming pertumbuhan terkait Covid untuk teknologi, tetapi upaya itu terhenti ketika ekonomi internet mendingin.

Reddit, berbeda dengan platform-media sosial besar lainnya, terbagi menjadi sekitar 100.000 ruang obrolan berbasis subjek yang dikenal sebagai subreddits, membuatnya lebih spesialis dan tempat di mana postingan lebih sedikit rentan terhadap hal yang viral.

Baca juga : BEI Tidak Agresif Pasang Target Perusahaan IPO, Jelang Pemilu 2024

Meskipun begitu, Reddit memiliki 73 juta pengguna harian rata-rata dan 267 juta pengguna bulanan, terutama di Amerika Serikat, menurut pengajuan ke regulator AS.

Konten di subreddits sebagian besar dimoderasi secara independen, dengan situs tersebut menuntut standar dasar yang harus diikuti pengguna, membuat situs tersebut kurang diawasi atau terpusat daripada platform-media sosial besar lainnya.

Dalam pengajuan awal bulan ini, perusahaan mengatakan bahwa akan mengeluarkan 15,2 juta saham dengan harga antara US$31 dan US$34.

Baca juga : Ini Empat Skema Perdagangan Karbon yang Disiapkan BEI

Mengikuti jejak perusahaan seperti Airbnb dan Rivian, Reddit mengalokasikan sekitar 8% dari saham IPO untuk moderator dan pengguna teratas, yang dikenal sebagai "Redittors."

Terdapat banyak pertanyaan tentang apakah Reddit akan menjadi bisnis yang sukses, terutama karena perusahaan belum pernah menghasilkan keuntungan dalam dua dekade keberadaannya.

Dikerek oleh pengguna yang setia namun sering kali tidak terkendali, Reddit tidak dianggap sebagai ladang subur untuk mengembangkan iklan, yang akan menjadi jalan utama bagi perusahaan untuk menghasilkan uang.

Reddit dibuat tahun 2005 dan segera dijual ke Conde Nast, penerbit majalah Vogue dan New Yorker, dalam pasangan yang tidak biasa. Pada 2011, Reddit dipisahkan, meskipun perusahaan induk Conde Nast, yang dikuasai keluarga Newhouse, tetap menjadi pemegang saham terbesar perusahaan.

CEO OpenAI Sam Altman juga merupakan investor utama setelah ia memimpin putaran penggalangan dana sekitar satu dekade yang lalu. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat