visitaaponce.com

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Saham Reddit

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Saham Reddit
Reddit, platform media sosial yang didirikan tahun 2005 oleh Steve Huffman dan Alexis Ohanian, akan meluncurkan Initial Public Offering (IPO(AFP)

WALL Street akan menyaksikan salah satu IPO yang paling dinantikan tahun ini. Di mana  platform media sosial Reddit yang sudah hampir dua dekade berdiri akan go public, dijadwalkan pada Kamis.

5 hal yang perlu diketahui tentang Reddit

Tidak baru

Reddit didirikan satu tahun setelah Facebook, tahun 2005, oleh Steve Huffman dan Alexis Ohanian, dua lulusan ilmu komputer dari University of Virginia. Situs ini awalnya direncanakan hampir sama seperti yang ada sekarang: sebagai cara untuk berbagi dan mendiskusikan konten menarik dari seluruh web.

Nama "Reddit" adalah permainan kata "read it," yang mencerminkan fokus awal situs ini pada berbagi tautan dan diskusi.

Baca juga : Reddit Puncaki Harga IPO di Tengah Antusiasme Investor

Tampilan situs ini adalah kembalinya tanpa hiasan ke awal internet, ketika papan pesan, forum, dan blogging mendominasi percakapan online.

New Yorker, Vogue dan... Reddit?

Tidak lama setelah diluncurkan, Reddit diakuisisi Conde Nast Publications, penerbit majalah glossy kelas atas seperti Vogue dan The New Yorker. Pendekatan komunitas situs ini dan etos moderasi rendahnya secara bertahap menarik basis pengguna yang setia, terutama di kalangan yang menguasai teknologi yang menghindari Facebook atau Twitter.

Tetapi tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan platform yang menghasilkan kerugian (dan di luar merek), Conde Nast memisahkan Reddit pada 2011, efektif memberikannya kembali kepada para modalis ventura.

Baca juga : Reddit Ingin Raup US$500 Juta dalam Debut Pasar Saham

Perusahaan ini menarik investor baru seperti Tencent, raksasa digital China. Masa depan bintang ChatGPT Sam Altman memimpin putaran penggalangan dana pada tahun 2014 dan hanya sesaat menjadi CEO.

Tanya Saya Apa Saja

Reddit pada dasarnya dijalankan melalui ribuan "subreddit" - forum yang dimoderasi oleh penciptanya. Subreddit terbesar memiliki puluhan juta pelanggan, termasuk r/funny, r/games, dan r/music.

Beberapa kebiasaan di Reddit menjadi standar media sosial, termasuk AMA, atau sesi Tanya Apa Saja di mana pengguna dapat bertanya kepada narasumber apa pun selama jendela waktu tertentu.

Baca juga : Saham Sektor Teknologi Bangkit, Kenapa?

Subyek yang telah berpartisipasi dalam AMA termasuk beberapa politikus paling berpengaruh di dunia, ilmuwan dan atlet terkenal, serta orang biasa dengan pekerjaan menarik. Pada 2012, Presiden saat itu Barack Obama hampir membuat situs ini crash selama AMA-nya.

Subreddit sangat penting untuk pengalaman situs ini sehingga Reddit mengalokasikan delapan persen saham kepada moderator subreddit dan pengguna teratas, sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam IPO.

r/wallstreetbets

Reddit membuat berita utama ketika pada 2021 sekelompok pedagang kecil di subreddit r/wallstreetbets membantu mendorong harga saham GameStop, seorang pengecer permainan video - menekan beberapa investor paling cerdas di Wall Street yang telah bertaruh melawan, atau melakukan short, perusahaan tersebut.

Baca juga : 17 Perusahaan Antre IPO di Pasar Modal Indonesia

Peristiwa tersebut dijadikan film Hollywood, "Dumb Money," dan membuat Wall Street waspada terhadap volatilitas saham "meme" yang disebut-sebut dan kekuatan media sosial untuk mengguncang lembaga keuangan.

Dalam pengajuan IPO-nya, Reddit memperingatkan karena keinginan investor r/wallstreetbets, yang mungkin suatu hari memutuskan untuk menyalahkan Reddit itu sendiri, harga saham "dapat mengalami volatilitas ekstrem."

Tak Pernah Membuat Keuntungan

Meskipun hampir berusia 20 tahun, Reddit belum pernah menghasilkan keuntungan dan banyak pengamat Wall Street yang waspada bahwa saham perusahaan ini bukanlah tempat yang aman untuk menaruh uang Anda.

Baca juga : Melantai di Bursa, Pasar Homeco Living Dianggap Menjanjikan

Menurut laporan keuangannya, Reddit mengalami kerugian sebesar US$90,8 juta tahun lalu dan US$158,6 juta tahun sebelumnya.

Sebagian besar dari sejarahnya, perusahaan ini tidak terlalu tertarik untuk menghasilkan uang, dan CEO serta pendiri Reddit, Huffman, mengatakan baru dengan kembali ke Reddit pada 2018, ia mulai menetapkan jalur untuk menghasilkan keuntungan.

Hal itu tidak selalu mudah, mengingat basis pengguna situs ini yang cenderung independen dan tidak menyukai situs media sosial lain yang penuh dengan iklan seperti Facebook atau Instagram.

Untuk menenangkan pengiklan, tahun 2020, Huffman melanggar dogma perusahaan dan menerapkan kebijakan moderasi konten yang lebih ketat, yang membuat beberapa pengguna setia situs ini merasa kesal. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat