visitaaponce.com

Serat Khusus Tekstil Ramah Lingkungan Dukung Bebas Emisi

Serat Khusus Tekstil Ramah Lingkungan Dukung Bebas Emisi
(MI/HO)

PAMERAN Indo Intertex & Inatex 2024 berlangsung pada 20-23 Maret 2024 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Pergelaran ini merupakan pameran dagang terbesar untuk industri tekstil dan garmen di Asia Tenggara. Salah satu pesertanya ialah PT South Pacific Viscose (SPV), bagian dari Lenzing Group.

"Lenzing merupakan perusahaan penghasil serat selulosa berbahan dasar kayu yang mengedepankan prinsip berkelanjutan dalam setiap proses produksi yang dijalankan. Kami berkomitmen berkolaborasi dan mendukung berbagai brand fashion lokal Indonesia dalam menerapkan bahan tekstil atau serat kain yang lebih ramah lingkungan," ujar Winston A. Mulyadi, Commercial Head in Textiles Business, SEA & Oceania, Lenzing Group.

Untuk itu, perusahaan memamerkan serat Tencel dan Ecovero yang ramah lingkungan. Tencel merupakan merek serat khusus tekstil yang digunakan untuk manufaktur produk pakaian dan tekstil rumah. Pada 2020, sejalan dengan komitmen mendukung bebas emisi karbon pada 2050, Lenzing meluncurkan serat Tencel yang mengantongi sertifikasi carbon neutral dari ClimatePartner.

Baca juga : Kayu sebagai Bahan Bangunan Ramah Lingkungan, Kuat, Ekonomis

Ecovero mulai diproduksi di Indonesia sejak pertengahan 2023 oleh PT South Pacific Viscose (SPV). Ini merupakan serat viscose yang diproduksi dengan karbon emisi dan penggunaan air 50% lebih rendah dibandingkan dengan produk viscose generik pada umumnya. 

Brand serat yang satu ini juga telah disertifikasi oleh EU Ecolabel karena ramah lingkungan. Serat ini bersifat biodegradable yang berarti dapat terurai secara alami dan kembali ke alam setelah dibuang yang telah disertifikasi TÜV Austria. Jenama itu juga berkolaborasi dengan berbagai lebih dari 300 merek internasional dan lokal. 

Dalam pameran itu, Lenzing bersama 15 mitra bisnisnya dari spinning mills dan fabric mills turut menampilkan dan menawarkan berbagai pilihan benang dan kain dari serat Tencel dan Ecovero. Salah satu di antaranya ialah PT Embee Plumbon Tekstil yang merupakan perusahaan di bidang produksi pemintalan benang untuk pembuatan bahan mentah kain. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat