visitaaponce.com

Saham Nike Terkoreksi Setelah Proyeksi Pendapatan yang Mendatar

Saham Nike Terkoreksi Setelah Proyeksi Pendapatan yang Mendatar
Saham Nike turun tajam setelah perusahaan, meski berencana menawarkan produk baru di Olimpiade(AFP)

SAHAM Nike merosot pada Kamis setelah raksasa olahraga itu menandakan prospek pendapatan jangka pendek yang mendatar, meskipun berjanji akan memukau konsumen dengan penawaran baru di tahun Olimpiade.

Perusahaan raksasa olahraga tersebut, yang telah dikritik beberapa analis Wall Street karena kurangnya produk baru yang menarik belakangan ini, melaporkan penjualan triwulanan yang datar dan laba yang sedikit lebih rendah dari periode setahun yang lalu, namun melampaui ekspektasi analis.

Saham awalnya melonjak setelah hasil tersebut, yang datang hanya beberapa jam setelah tim sepak bola Jerman memilih Nike daripada Adidas dalam kemenangan yang disoroti oleh CEO dalam panggilan konferensi.

Baca juga : Konflik Sponsor Warnai Kesuksesn Brasil Raih Medali Emas Olimpiade

Namun, saham Nike anjlok tajam setelah Chief Financial Officer Matthew Friend memproyeksikan pertumbuhan pendapatan hanya 1% dalam kuartal mendatang, yaitu kuartal keempat fiskalnya.

Friend juga memperkirakan penurunan pendapatan dalam "angka satu digit rendah" di paruh pertama tahun fiskal berikutnya, sebagian mencerminkan "prospek makro yang meredup di seluruh dunia," katanya.

Laba pada kuartal yang berakhir pada 29 Februari mencapai US$1,2 miliar, turun lima persen dari periode setahun yang lalu. Pendapatan adalah US$12,4 miliar, hampir sama dengan periode tahun sebelumnya.

Baca juga : Kejagung Sita Saham Senilai Rp45 Miliar dari Kasus ASABRI

Hasil tersebut terpengaruh sekitar US$400 juta dalam biaya pemutusan hubungan kerja satu kali setelah pemotongan pekerjaan, kata Friend, yang memperingatkan bahwa kinerja jangka dekat akan dipengaruhi secara negatif oleh dampak "transisi" saat perusahaan menghentikan beberapa item lama demi penawaran baru.

Setelah mendapat kritik dari beberapa analis, Chief Executive John Donahoe menekankan penunjukan senior terbaru di perusahaan sebagai bagian dari upaya untuk "mempertajam fokus kami pada olahraga."

Donahoe berjanji "kemajuan besar" dalam bulan-bulan mendatang yang berpusat pada merek alas kaki "Air"nya dalam sepak bola, bola basket, trek, dan olahraga lainnya.

Baca juga : RUPSLB Summarecon Sepakati Right Issue 3,61 Milliar Lembar Saham

"Kami bertindak dengan cepat saat kami melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk menang," kata Donahoe dalam panggilan konferensi dengan analis saat ia mempromosikan pemilihan Nike oleh pemain sepak bola Jerman daripada Adidas setelah kemitraan bertahun-tahun dengan merek Jerman tersebut.

"Sikap kami untuk bercerita terbukti membuat tim Jerman menjadi merek global dan menjadikan atlet-atlet mereka pahlawan global," kata Donahoe, yang mengatakan bahwa perusahaan "sangat terhormat dan diberkati" dengan kemenangan di Jerman.

Saham Nike merosot 6,5% dalam perdagangan setelah jam kerja. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat