visitaaponce.com

Pertamina Resmikan PLTS Kilang Cilacap

Pertamina Resmikan PLTS Kilang Cilacap
Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) beroperasi di kawasan Pantai Cilacap, Jawa Tengah(MI / Liliek Dharmawan)

PT Pertamina (Persero) melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit IV Cilacap meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 0,99 megawatt peak (MWp). Pembangunan PLTS ini merupakan hasil sinergi Pertamina Group antara KPI dengan Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE).

"Dengan mengintegrasikan dekarbonisasi ke dalam unit operasi, KPI siap berkontribusi untuk tujuan keberlanjutan" ujar Direktur Operasi KPI Didik Bahagia dalam keterangan resmi, Jumat (22/1).

PLTS dengan total kapasitas terpasang 0,99 MWp tersebut dibangun dua area yang terpisah, yaitu sebesar 495 KWp di Komperta Gunung Simping dan 504 KWp di Komperta Tegalkamulyan. PLTS tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dua komplek perumahan Pertamina di Kilang Cilacap.

Baca juga : Pertamina Tingkatkan Kapasitas Pembangkit Listrik Bertenaga Surya 267%

Selain untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik, pemasangan PLTS ini dianggap sebagai komitmen Pertamina dalam dekarbonisasi. Didik menyampaikan dengan PLTS ini, diperkirakan akan menyalurkan energi sebesar 1.421 megawatt-jam (MWh) per tahun dan menurunkan emisi karbon sebesar hampir 1.083 ton CO2 per tahun.

Secara keseluruhan hingga saat ini PLTS yang terpasang di area operasi KPI mencapai kapasitas 9,87 MWp, yaitu Kilang Dumai 3,77 MW, Kilang Plaju 2,25 MW, Kilang Balongan 1,51 MW, dan Kilang Cilacap 2,34 MW. Akumulasi energi yang disalurkan mencapai 10 juta kWh dan penurunan emisi lebih dari 6 juta ton CO2.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, sinergi Pertamina Grup dalam bidang transisi energi ini untuk mendukung net zero emission (NZE) 2060.

“Melalui sinergi program ini diharapkan makin berdampak secara langsung pada ketercapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan,” jelasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat