visitaaponce.com

Ekonomi Vietnam Kuartal Pertama Tumbuh Tertinggi dalam Lima Tahun Terakhir

Ekonomi Vietnam Kuartal Pertama Tumbuh Tertinggi dalam Lima Tahun Terakhir
Kota Quy Nhon di provinsi Binh Dinh Vietnam pada 29 Maret 2024.(AFP/Tran Thi Minh Ha)

PEREKONOMIAN Vietnam tumbuh sebesar 5,66% pada kuartal pertama tahun ini. Menurut data resmi yang diterbitkan pada Jumat (29/3), ini didorong oleh ekspor yang kuat.

Itu merupakan pertumbuhan kuartal I terkuat di negara komunis tersebut sejak 2019. Namun angka itu masih jauh di bawah perkiraan Standard Chartered Bank sebesar 6,1%.

"Situasi sosial ekonomi negara pada kuartal pertama 2024 mencapai hasil positif meskipun banyak ketidakpastian dalam perekonomian dunia," kata Kantor Statistik Umum (GSO) dalam suatu pernyataan. Sektor industri dan konstruksi tumbuh 6,28% sedangkan sektor jasa tumbuh 6,12% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga : Ekonomi AS Diperkirakan tidak Stagflasi, ini Alasan Yellen

Sebagai pusat manufaktur global yang besar, Vietnam juga memperoleh pendapatan sebesar US$93 miliar dari ekspor barang pada kuartal pertama atau naik 17% dibandingkan tahun lalu. Amerika Serikat merupakan pasar ekspor terbesarnya selama periode ini.

Surplus perdagangan Vietnam mencapai US$8,08 miliar pada kuartal pertama. Angka ini naik dari US$4,93 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Pihak berwenang menargetkan pertumbuhan sebesar 6%-6,5% pada 2024 atau naik dari 5,05% pada tahun lalu. Bank Pembangunan Asia memperkirakan angka pada akhir tahun dapat mencapai enam persen. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat