visitaaponce.com

Ekonomi AS Diperkirakan tidak Stagflasi, ini Alasan Yellen

Ekonomi AS Diperkirakan tidak Stagflasi, ini Alasan Yellen
Orang-orang berbelanja di bagian makanan di toko ritel, Rosemead, California, AS, pada 19 Januari 2024.(AFP/Frederic J. Brown)

PEREKONOMIAN Amerika Serikat (AS) diperkirakan tidak akan mengalami stagflasi. Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan itu dalam wawancara yang disiarkan pada Rabu (13/3). Ia menambahkan bahwa sebagian besar pengamat memperkirakan inflasi akan mereda karena biaya perumahan bergerak lebih rendah.

"Di banyak wilayah di negara ini, harga sewa apartemen baru sebenarnya telah menurun secara keseluruhan," kata Yellen kepada Fox Business dalam suatu wawancara. Komentarnya muncul setelah CEO JPMorgan Chase Jamie Dimon baru-baru ini menolak mengenyampingkan kemungkinan stagflasi, skenario yang menakutkan saat stagnasi ekonomi menyebabkan kenaikan biaya.

Biaya perumahan ialah kontributor terbesar terhadap inflasi yang sedang berlangsung di negara itu. Demikian kata Yellen kepada Fox Business saat melakukan perjalanan ke Kentucky untuk menyoroti upaya Presiden Joe Biden untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : Inflasi masih Kaku akan Pertahankan Suku Bunga Zona Euro

Dia menekankan bahwa dia memiliki ekspektasi bahwa biaya perumahan akan turun tahun ini, sehingga mengurangi tekanan harga. Dia juga menyesal sebelumnya mengatakan bahwa inflasi AS bersifat sementara, karena dibutuhkan waktu lebih lama dari beberapa minggu atau bulan untuk meredam kenaikan harga.

Inflasi konsumen telah turun dari puncaknya pada 2022 tetapi meningkat secara tak terduga pada Februari menjadi 3,2%. Ini yang menggarisbawahi jalan sulit untuk menurunkan harga.

Meskipun beberapa konsumen menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli dengan kartu kredit, karena telah menghabiskan sebagian tabungan mereka, Yellen mengatakan ia melihat hal ini sebagai normalisasi dan bukan tren baru yang mengganggu. Mengenai status mata uang cadangan dolar, Yellen mengatakan, "Benar-benar tidak ada saingan dalam hal kedalaman pasar keuangan AS, likuiditas Treasury AS, struktur kelembagaan, dan hukum yang mendukung penggunaan dolar."

Di Kentucky, Yellen menyoroti investasi di bidang energi dan manufaktur ramah lingkungan. Ia mengatakan bahwa kebijakan utama Biden telah membantu menyalurkan lebih banyak dana tersebut ke masyarakat yang secara tradisional bergantung pada industri seperti batu bara.

Sejak awal pemerintahan Biden, "Perusahaan telah mengumumkan investasi senilai hampir US$650 miliar pada energi bersih dan manufaktur di seluruh negeri," katanya. Berbicara di pabrik Produk Nano Tingkat Lanjut di Elizabethtown, dia menambahkan bahwa Departemen Keuangan akan meningkatkan upaya penjangkauan untuk meningkatkan kesadaran kota mengenai manfaat seperti kredit pajak dari Undang-Undang Pengurangan Inflasi. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat