visitaaponce.com

Mudik Lebaran, Menhub Waspadai Truk ODOL di Tol

Mudik Lebaran, Menhub Waspadai Truk ODOL di Tol
Petugas gabungan Polri dan Kemenhub mengarahkan sebuah truk untuk memasuki Jembatan Timbang di Losarang, Indramayu(Antara)

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mewaspadai keberadaan truk kelebihan muatan atau Over Dimension/Overloading (ODOL) di jalan tol saat mudik Lebaran tahun ini. 

Hal ini disampaikan Budi saat memimpin rapat koordinasi kesiapan Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Jawa Barat (Jabar), Minggu (31/3).

"Hal-hal khusus yang menjadi perhatian di Jawa Barat, di antaranya, perjalanan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu), serta potensi adanya kendaraan ODOL," ungkap Menhub dalam keterangan resmi, Minggu (31/3).

Baca juga : Antisipasi Kepadatan Mudik, Operasional Truk Dibatasi

Menhub meminta TNI/Polri untuk menertibkan keberadaan truk ODOL karena kerap menimbulkan kemacetan dan risiko kecelakaan yang membahayakan keselamatan pengguna jalan tol lainnya.

"Saya mengapresiasi rencana pendekatan persuasif dari kepolisian untuk menertibkan para pemudik di tol," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Jawa Barat Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus menyampaikan pihaknya telah mengantisipasi jumlah kendaraan yang akan memasuki wilayah Jabar, baik melalui jalur tol maupun non tol. Seperti di Tol Cipali, Cisumdawu, Jagorawi dan arteri wilayah utara maupun selatan Jabar.

Baca juga : Mudik Pakai Mobil Listrik, Pengamat : Periksa Kondisi Baterai Sebelum Naik ke Kapal Feri 

"Kami akan lakukan sinergi kolaborasi dan terkoordinasi dengan stakeholder lainnya baik itu TNI, pemda, dan beberapa elemen masyarakat dalam pengamanan arus mudik maupun arus balik," ujarnya.

Dari data Kepolisian Daerah Jawa Barat, prediksi jumlah kendaraan keluar Jawa Barat pada periode Lebaran 2024 melalui gerbang tol sebanyak 1,86 juta kendaraan. Angka tersebut naik 5,94% dibanding periode Lebaran 2023. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat