visitaaponce.com

Pemudik yang Parkir di Bahu Jalan Tol Perlu Ditangani dengan Pendekatan Persuasif, Kenapa

Pemudik yang Parkir di Bahu Jalan Tol Perlu Ditangani dengan Pendekatan Persuasif, Kenapa?
Parkir di bahu jalan(MI/Amir MR)

PEMUDIK yang memilih untuk memarkir kendaraannya di pinggir jalan tol dinilai Menhub Budi Karya Sumadi dapat menyebabkan gangguan pada kelancaran arus lalu lintas. Namun, Menhub juga menekankan perlunya penanganan dengan pendekatan yang persuasif.

Dalam sebuah rapat koordinasi yang membahas persiapan Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Jawa Barat, Menhub Budi mengapresiasi rencana kepolisian untuk menggunakan pendekatan persuasif, termasuk dengan menugaskan Polwan untuk menertibkan pemudik yang parkir di bahu jalan tol.

Budi juga menyoroti masalah perjalanan di Tol Cipali dan Cisumdawu serta potensi kendaraan over dimention over load (ODOL). Dia menegaskan perlunya kolaborasi antara berbagai pihak untuk mengatasi potensi masalah tersebut.

Sementara itu, Polda Jawa Barat memperkirakan bahwa jumlah kendaraan yang keluar dari Jawa Barat selama periode lebaran 2024 melalui gerbang tol mencapai 1,86 juta kendaraan. Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Akhmad Wiyagus, menyatakan bahwa pihaknya telah mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan yang akan memasuki wilayah hukum Polda Jabar, baik melalui jalur tol maupun jalur non-tol seperti Cipali, Cisumdawu, Jagorawi, serta arteri wilayah utara dan selatan.

"Kami akan melakukan sinergi, kolaborasi, dan koordinasi dengan stakeholder lainnya, termasuk TNI, Pemerintah Daerah, serta beberapa elemen masyarakat yang terlibat secara langsung dalam pengamanan arus mudik dan arus balik," ujar Akhmad. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat