visitaaponce.com

Ini Tujuan Dibangunnya Fasilitas Pengujian Perangkat Digital di Indonesia

Ini Tujuan Dibangunnya Fasilitas Pengujian Perangkat Digital di Indonesia
Menkominefo Budi Arie Setiadi sedang mengecek kesiapan IDTH sebelum peresmian.(Antara)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan Indonesia Digital Test House (IDTH) merupakan bentuk transformasi dari Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Direktorat Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo.

IDTH menjadi pusat pengujian perangkat digital berstandar internasional, sekaligus yang terlengkap dan terbesar se-Asia Tenggara. Arie menyebut IDTH telah dilengkapi berbagai fasilitas digital canggih berkelas internasional untuk fitur-fitur seperti telekomunikasi radio frequency, electromagnetic compatibility, electrical safety, dan specific absorbtion rate (SAR).

"Fasilitas pengujian ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna perangkat telekomunikasi di Indonesia, dan melakukan standardisasi produk ekspor dan impor perangkat," ujar Arie selepas persemian BBPPT di Depok, Jawa Barat, Selasa (7/5).

Baca juga : Indonesia Resmi Miliki Pusat Pengujian Perangkat Digital Terbesar Se-ASEAN

Perangkat yang dapat diuji di fasilitas itu antara lain laptop, ponsel, bluetooth, access point, televisi digital, handy talkie, radar dan lainnya.

Peresmian tersebut juga menandai penambahan kapasitas pengujian perangkat di IDTH. Pada 2023 terdapat 644 fitur yang diuji di fasilitas ini. Seiring dengan perkembangan teknologi dan penambahan perlengkapan, di 2024, kapasitas pengujian di 2024 diproyeksikan meningkat menjadi 1.600 fitur. Kemudian, target angka akan ditingkatkan lagi menjadi 5.000 fitur per tahun di 2025-2026.

Kemkominfo juga melakukam pengembangan fungsi IDTH, tidak hanya sebagai pusat pengujian tapi juga menjadi center of excellent perangkat digital. Kerja sama dengan berbagai kampus bisa meningkatkan pengembangan sumber daya Indonesia dalam menghadapi kemajuan teknologi digital.

Kemkominfo juga berharap para praktisi, dan pakar dapat berkolaborasi untuk melahirkan berbagai inovasi teknologi. IDTH Kemkominfo juga memfasilitasi pelaku industri lokal dan UMKM agar dapat melakukan pengujian perangkat dan pengembangan inovasi.

"Untuk UMKM kami gratiskan," janji Budi Arie. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat