visitaaponce.com

Bappenas Berikan Penghargaan bagi Kepala Daerah Berprestasi dalam Penyusunan, Pelaksanaan, dan Perencanaan Pembangunan Terbaik

Bappenas Berikan Penghargaan bagi Kepala Daerah Berprestasi dalam Penyusunan, Pelaksanaan, dan Perencanaan Pembangunan Terbaik
Bappenas berikan penghargaan pada Kepala Daerah berprestasi(MI)

KEMENTERIAN Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) telah memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 kepada daerah yang berhasil mencapai hasil terbaik dalam penyusunan, pelaksanaan, dan inovasi perencanaan pembangunan.

Dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 di Jakarta Convention Center pada Senin (6/5), Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan bahwa penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk motivasi dan penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah berperan aktif dalam pembangunan daerah.

Pemenang PPD 2024 dipilih melalui evaluasi komprehensif dan kreatif terhadap perencanaan pembangunan daerah. Penghargaan ini bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah agar dapat menyusun perencanaan yang lebih konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat diimplementasikan, serta untuk meningkatkan sinergi antara perencanaan pusat dan daerah.

Baca juga : Sukabumi Raih Penghargaan Kabupaten dengan Inovasi Pembangunan Terbaik 2024

Selain itu, Kementerian PPN/Bappenas juga mengadakan Expo Pembangunan Daerah 2024, sebuah pameran yang menampilkan inovasi pembangunan daerah dari seluruh Indonesia. PPD 2024 dan Expo Pembangunan 2024 diharapkan dapat menjadi platform kolaborasi bagi pemerintah daerah untuk memperkenalkan inovasi dan keunggulan daerah dalam perencanaan serta untuk mencari solusi dalam mengatasi tantangan pembangunan.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi secara langsung menyerahkan PPD 2024 kepada penerima di kategori provinsi, kabupaten, dan kota. Predikat Provinsi Terbaik Pertama diraih oleh Jawa Barat, Provinsi Terbaik Kedua diberikan kepada Kalimantan Selatan, dan Provinsi Terbaik Ketiga diberikan kepada DKI Jakarta. Sementara itu, dalam kategori kabupaten, Kabupaten Terbaik Pertama jatuh pada Temanggung, Kabupaten Terbaik Kedua diberikan kepada Banyuwangi, dan Kabupaten Terbaik Ketiga jatuh pada Gowa. Predikat Kota Terbaik Pertama diraih oleh Malang, Kota Terbaik Kedua dianugerahkan pada Palu, dan Kota Terbaik Ketiga diraih oleh Metro.

Kriteria program pembangunan dalam PPD 2024 mencakup manfaat optimal bagi masyarakat dari segala aspek, mulai dari perekonomian hingga keberlangsungan budaya. Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah bekerja keras dan memberikan inovasi dalam pembangunan daerah. #MIA (RO/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat