visitaaponce.com

PLN Alirkan Listrik ke 5 Kampung di Papua

PLN Alirkan Listrik ke 5 Kampung di Papua
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.(Dok. pln.co.id)

PT PLN (Persero) berhasil menghadirkan listrik selama 24 jam untuk lima kampung di Kabupaten Keerom, Papua. Itu dinilai menjadi bukti kehadiran negara melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Lima kampung yang berhasil dialiri listrik oleh perseroan ialah di Kampung Banda, Kampung Pund, Kampung Ampas, Distrik Waris, Kampung Skofro dan Kampung Uskuwar.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, perseroan berkomitmen penuh mendukung pemerataan akses kelistrikan untuk seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Baca juga : PLN akan Bantu Terangi Papua Nugini

"Upaya melistriki wilayah 3T menjadi bentuk nyata kehadiran negara melalui PLN bagi masyarakat. Dengan tersedianya akses listrik, maka roda perekonomian pun diharapkan ikut terdampak," kata Darmawan seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (9/5).

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono menjelaskan, upaya ini menjadi bentuk komitmen PLN dalam mendukung peningkatan taraf kehidupan masyarakat.

"Pada prinsipnya, PLN siap melayani kebutuhan listrik bagi 358 calon pelanggan di kelima kampung tersebut, karena jaringan kelistrikan sudah siap. Dengan segala infrastruktur yang sudah terbangun, kami mohon adanya dukungan dan peran serta masyarakat sekitar dalam menjaga keamanan jaringan listrik," papar Budiono.

Baca juga : PLN Beri Sambungan Listrik Gratis ke 342 Keluarga di Papua Barat Daya

Guna mengaliri listrik di lima kampung tersebut, PLN membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 28,75 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah sepanjang 17,51 kms dan 11 unit gardu distribusi dengan total kapasitas 575  kVA.

Melalui program Light Up The Dream, sebanyak 13 fasilitas umum mendapatkan bantuan penyambungan listrik yang bersumber dari donasi pegawai PLN.

Sebelumnya, masyarakat di lima kampung tersebut harus hidup tanpa penerangan di malam hari dan menuju kelima kampung itu harus melewati akses yang menantang selama kurang lebih 3,5 jam dari Kota Jayapura. 

Baca juga : PLN Nyalakan Listrik 24 Jam ke Tiga Desa Terpencil di Jambi

Salah seorang perwakilan masyarakat Kampung Banda, Alex May, 50, menyampaikan masyarakat sudah lama mendambakan penerangan yang layak pada malam hari.

Untuk penerangan, kata dia, masyarakat menggunakan pelita atau obor setiap malamnya agar tetap bisa melakukan aktivitas. Masyarakat bahkan harus mengeluarkan uang pribadi untuk membeli minyak tanah demi bisa menikmati penerangan di malam hari.

"Kalau beli minyak tanah Rp10 ribu per liter dan setiap rumah membutuhkan 5-7 liter untuk kurang lebih pemakaian satu bulan. Kami berharap lampu dapat hadir pada semua rumah. Ini tentunya bisa membantu proses belajar karena anak-anak kami butuh hal itu untuk belajar. Kami juga bisa pakai untuk membuat bangku atau meja jika ada setrum dan tentunya bisa menambah penghasilan," ujar Alex.

Baca juga : Sambut HUT-77 RI, PLN Babel Jalankan Program Pasang Baru Listrik Gratis

Bupati Keerom, Piter Gusbager mengapresiasi langkah PLN dan seluruh pihak yang telah membantu untuk mewujudkan ketersediaan listrik di wilayahnya. Menurutnya, Pemerintah bersama PLN terus bersinergi dalam mengambil langkah-langkah untuk menyediakan infrastruktur kelistrikan yang memadai.

"Ini memberikan harapan yang sangat besar bahwa Kabupaten Keerom dari waktu ke waktu akan terus mengalami kemajuan khususnya terkait fasilitas penerangan. Saya berharap PLN selalu menjadi mitra penting kami untuk bisa mendukung terciptanya kesejahteraan masyarakat," lanjut Piter.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat