visitaaponce.com

California Tanpa Listrik Setelah Diguncang Gempa 6,4 Magnitudo

California Tanpa Listrik Setelah Diguncang Gempa 6,4 Magnitudo
Gempa berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang lepas pantai California utara memutus aliran listrik, Selasa (20/12/2022)(dok.AFP)

GEMPA berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang lepas pantai California utara memutus aliran listrik. Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menjelaskan gempa tersebut berpusat sekitar 24 mil di lepas pantai kota pelabuhan Eureka pada pukul 02:34 (10:00 GMT), Selasa (20/12).

Dua orang cedera setelah gempa ini. USGS memprediksi jumlah korban akan sangat rendah. Pusat Peringatan Tsunami Nasional mengatakan gempa tersebut tidak menyebabkan tsunami.

Namun, gempa tersebut memutuskan aliran listrik ke lebih dari 70ribu orang di Humboldt menurut situs pelacak pemadaman listrik poweroutage.us.

“Listrik padam di seluruh wilayah. Jangan menelepon 911 kecuali Anda mengalami keadaan darurat segera,” ungkap Kantor Layanan Darurat Humboldt.

Media lokal melaporkan gempa tersebut menyebabkan banyak kebocoran gas, mematikan kabel listrik, dan mengakibatkan satu kebakaran bangunan di kota Ferndale. Longsoran batu kecil juga dilaporkan dan satu jalan raya melengkung usai gempa utama.

Pejabat Humboldt memperingatkan laporan tentang kerusakan yang meluas pada jalan dan rumah, dan mendesak warga untuk memeriksa saluran gas juga air. Polisi di kota Ferndale juga menutup jembatan yang menurut laporan Patroli Jalan Raya California retak setelah gempa.

Caroline Titus, penduduk Ferndale, mengunggah sebuah video di rumahnya yang gelap dengan perabotan yang berantakan dan sejumlah piring yang pecah. “Rumah kami bergaya Victoria berusia 140 tahun. Guncangan ini sangat jelas terlihat pada apa yang jatuh,” katanya.

Gempa tersebut mengikuti gempa berkekuatan 3,6 yang lebih kecil yang melanda sekitar 402 km (250 mil) di dekat San Francisco pada Sabtu (17/12). California secara teratur diguncang oleh gempa dan seismolog telah memperingatkan gempa bumi yang dapat menyebabkan kerusakan luas kemungkinan akan melanda negara bagian itu dalam 30 tahun ke depan.

Gempa 6,7 magnitudo pada 1994 di Northridge, barat laut Los Angeles, menewaskan 60 orang dan menyebabkan kerusakan senilai US$10 miliar. Gempa berkekuatan 6,9 di San Francisco pada 1989 merenggut nyawa 67 orang. (Aljazeera/OL-13)

Baca Juga: Trump Terancam Gagal Nyapres di 2024

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat