visitaaponce.com

Badai Hilary Melanda Meksiko dan California dengan Hujan Lebat

Badai Hilary Melanda Meksiko dan California dengan Hujan Lebat
Badai Hilary berpotensi menyebabkan banjir yang berbahaya dan mengncam kehidupan di wilayah California dan Meksiko.(AFP)

HUJAN deras akibat Badai Hilary terjadi di sebagian wilayah Semenajung Baja California, Meksiko, dan bagian barat daya Amerika Serikat. Pejabat memperingatkan badai kuat ini berpotensi menyebabkan banjir yang berbahaya dan mengancam kehidupan.

Badai ini melemah dari Kategori 4 yang kuat menjadi Kategori 2 pada skala lima tahap Saffir-Simpson pada Sabtu. Namun masih dianggap mampu menyebabkan kerusakan. Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) mengatakan badai diperkirakan akan berlanjut di sepanjang pantai Baja California hingga Minggu pagi.

Pada Sabtu sore, Badai Hilary memiliki kecepatan angin berkelanjutan maksimum sebesar 110 mil per jam (175 kilometer per jam), dengan angin kencang yang lebih tinggi. "Hujan lebat mempengaruhi sebagian wilayah Baja California dan barat daya Amerika Serikat, dengan potensi banjir berbahaya dan mengancam kehidupan," ujar laporan NHC.

Baca juga : Topan Norma Melanda Pantai Meksiko dan Melemah Menjadi Badai Tropis

"Pusat Badai Hilary akan mendekati pantai barat tengah Semenanjung Baja California pada malam hari ini dan Minggu pagi kemudian akan bergerak melintasi selatan California pada Minggu sore dan Minggu malam," ungkap Pusat Badai tersebut.

Meskipun diharapkan melemah menjadi badai tropis sebelum mencapai selatan California dan selatan Nevada, tetap ada potensi hujan lebat dan banjir. Penduduk dan pekerja di resor wisata Meksiko, Cabo San Lucas, telah mengambil tindakan pencegahan dengan memasang pelindung dan ribuan karung pasir karena gelombang besar mulai menerjang pantai.

Personel militer terlihat berpatroli di pantai kota tersebut, yang merupakan destinasi populer bagi wisatawan Meksiko dan asing. "Kami telah mengambil semua langkah pencegahan semalam," kata Omar Olvera kepada AFP.

Baca juga : 1.926 Bencana Melanda Indonesia Dalam 6 Bulan Terakhir

Dengan karung pasir yang ditumpuk sebagai perlindungan di sekitar restoran. "Kami hanya ingin melindungi para pekerja dan menunggu cuaca datang," ujarnya.

Jalan-jalan di kota Todos Santos, di pantai barat semenanjung, sebagian besar sepi sementara pantai di dekat Cerritos ditutup karena ombak yang besar. "Pada malam hari kami merasakan angin semakin kencang, meskipun tidak sekuat yang kami harapkan tetapi itu tetap membuat kami khawatir," kata Marco Segura, 57.

Pemerintah Meksiko telah mengirimkan hampir 19.000 tentara di negara bagian yang paling terdampak badai ini. Perusahaan listrik federal telah mengirimkan 800 pekerja dan ratusan kendaraan untuk menghadapi kemungkinan pemadaman listrik.

Baca juga : Topan Mematikan di California Menyebabkan Hujan Terus-Menerus dan Banjir yang Menghancurkan

"Di Amerika Serikat, jumlah hujan antara tiga hingga enam inci, dengan jumlah terisolasi hingga 10 inci, diharapkan terjadi di sebagian selatan California dan selatan Nevada," kata NHC.

"Dampak banjir yang berbahaya hingga bencana diharapkan."

Nancy Ward, direktur Kantor Layanan Darurat Gubernur California, mengatakan Hilary bisa menjadi salah satu badai terburuk yang melanda negara bagian tersebut dalam lebih dari satu dekade. "Jangan ada kesalahpahaman," katanya yang dikutip oleh media AS. "Ini adalah badai yang sangat, sangat berbahaya dan signifikan."

Baca juga : Hujan Deras Seharian Buat Kota dan Kabupaten Bandung Terendam Banjir

Badan Manajemen Darurat Federal Amerika Serikat telah mengirimkan tim ke daerah yang akan terkena dampak Hilary sebelum badai tiba. Presiden Joe Biden sedang menerima pembaruan secara teratur ketika ia bersiap untuk pergi ke Hawaii untuk mengecek kerusakan dari kebakaran hutan.

"Beliau telah mendorong semua orang agar menyadari potensi bahaya dari badai berbahaya ini dan mendengarkan petugas setempat tentang langkah-langkah yang dapat mereka ambil untuk memastikan keselamatan mereka," kata kepala FEMA, Deanne Criswell.

Liga Utama Baseball dan Liga Utama Sepak Bola telah mengubah jadwal pertandingan yang direncanakan pada Minggu di wilayah AS. Badai tropis biasanya melanda Meksiko setiap tahun, baik di pantai Pasifik maupun Atlantik. Meskipun sisa-sisa badai kadang mempengaruhi California, badai tropis jarang sekali melanda negara bagian ini dengan intensitas yang cukup kuat.

Para ilmuwan telah memperingatkan badai semakin kuat seiring dunia menjadi lebih hangat akibat perubahan iklim. (AF/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat